Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arti dari Nama Jetbus pada Bus Adi Putro, Bukan Pakai Mesin Jet

Kompas.com - 14/03/2020, 12:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comKaroseri Adi Putro merupakan pembuat bodi bus yang sudah terkenal. Menggunakan nama Jetbus, sebenarnya ada arti dibalik identitas Jetbus itu.

David Jethrokusumo, Direktur PT Adiputro Wirasejati, mengatakan, Jetbus merupakan singkatan dari nama keluarganya, Jethrokusumo.

“Istilah itu berasal dari nama keluarga, bus buatan Jethrokusumo, jadinya Jetbus,” kata David kepada Kompas.com beberapa waktu lalu di Jakarta.

Baca juga: Bocoran Renault Triber Transmisi Otomatis, Harga Masih Rp 160 Jutaan

Bus UHDKompas.com/Fathan Radityasani Bus UHD

Penamaan model bus buatan Adi Putro ini sudah sampai pada Jetbus 3+. Sebelum menggunakan nama itu, Adi Putro memakai nama Royal Coach.

Penempelan nama Royal Coach pada bodi bus mulai diganti ketika Adi Putro mengeluarkan model Jetbus 3. Semenjak itu, Jetbus menjadi penamaan produk yang dibuatnya mulai dari bus kecil sampai besar.

Baca juga: Spesifikasi Skutik Bengis Italjet Dragster yang Mau masuk Indonesia

Tentang penamaan Jetbus ini, sebenarnya ada beberapa karoseri lain yang memasang stiker pada bus buatan kompetitor. Untuk saat ini, kata David, tanggapan perusahaan masih tidak mempermasalahkan hal tersebut.

“Tetapi jika bus tersebut terjadi apa-apa, Adi Putro masih disangkutpautkan. Harapannya, untuk nantinya pada karoseri-karoseri diberlakukan hak cipta pada penamaan bus,” kata Adi Bagus, Supervisor Sales PT Adiputro Wirasejati saat ditemui Kompas.com di pameran GIICOMVEC 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com