Risiko Virus Corona, GIIAS Surabaya 2020 Ditunda

Kompas.com - 16/03/2020, 18:27 WIB
Pengunjung menyaksikan pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019). Pameran otomotif terbesar ini akan berlangsung hingga 5 Mei 2019 mandatang. KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOPengunjung menyaksikan pameran otomotif Telkomsel Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (26/4/2019). Pameran otomotif terbesar ini akan berlangsung hingga 5 Mei 2019 mandatang.
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Laga pembuka pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show ( GIIAS) 2020 di Surabaya, Jawa Timur resmi ditunda pasca-meluasnya ancaman wabah virus corona (Covid-19) di Indonesia.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) selaku penyelenggara menyatakan, pemeran yang semula akan dilaksanakan pada 20-29 Maret 2020 ini ditunda hingga batas waktu yang belum ditentukan.

"Gaikindo dengan berat hati mengambil langkah dan keputusan untuk menunda penyelenggaraan pameran GIIAS Surabaya 2020 hingga pemberitahuan lebih lanjut," tulis Gaikindo melalui keterangan tertulis, Jakarta, Senin (16/3/202).

Baca juga: Virus Corona dan Budaya Tos Serta Pelukan Anak Motor

Ilustrasi pameran otomotif Geneva Motor Showwikipedia.org Ilustrasi pameran otomotif Geneva Motor Show

Pada kesempatan sama, Gaikindo juga menjelaskan lima alasan mundurnya jadwal GIIAS Surabaya 2020 ini.

Pertama, terkait status Covid-19 yang sudah ditetapkan menjadi pandemi global dan perkembangannya semakin meluas di Tanah Air.

Kedua, telah dikeluarkannya keputusan pemerintah, bahwa pandemi Covid-19 adalah bencana non-alam.

Kemudian, Pemerintah juga melarang mengadakan perjalanan keluar kota dan menghadiri acara yang melibatkan banyak orang.

Keempat, Pemerintah Provinsi Jawa Timur pun telah meliburkan kegiatan sekolah. Terakhir, GIIAS Surabaya 2020 direncanakan akan berlangsung hingga akhir bulan ini, yang belum dapat diprediksi perkembangan status Covid-19.

Baca juga: Penjualan Mobil Turun, Kemenperin Singgung Dampak Virus Corona

Ilustrasi pameran otomotif MIAS www.topgear.com.ph Ilustrasi pameran otomotif MIAS

"Keputusan ini diambil, berdasarkan pertimbangan matang Gaikindo sebagai bentuk upaya dan langkah konkret untuk mencegah meluasnya penularan COVID-19 yang merupakan bagian dari force majeure nasional. Kami berkomitmen untuk memprioritaskan kesehatan dan keselamatan dari para peserta pameran, pengunjung pameran, serta masyarakat umum,” jelas pernyataan tersebut.

Untuk diketahui, Surabaya merupakan kota pertama penyelenggaraan GIIAS pada tahun ini. Setelah itu rencananya GIIAS akan digelar di Tangerang pada Agustus, kemudian Makassar dan Medan.

Terkait penyelenggaraan GIIAS selain di Surabaya, pihak Gaikindo belum memutuskannya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X