Perbedaan Bore Up dan Stroke Up pada Sepeda Motor

Kompas.com - 16/03/2020, 13:42 WIB
Piston Suzuki Satria F sehabis dibersihkan. Ghulam/OtomaniaPiston Suzuki Satria F sehabis dibersihkan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi para penggemar sepeda motor, khususnya pecinta kecepatan atau touring, mungkin sudah tak asing lagi mendengar istilah bore up dan stroke up. Namun, masih ada beberapa orang yang belum paham perbedaannya.

Bore up dan stroke up banyak dilakukan para pemilik motor untuk meningkatkan performa mesin. Caranya bisa dilakukan dengan bore up atau stroke up.

Baca juga: Cara Gampang Jaga Performa Yamaha RX-King Tetap Awet

Erky Manurung, mekanik bengkel ERK Speed, mengatakan, bore up atau stroke up sama saja menambah atau memperbesar kapasitas silinder atau cc pada mesin.

Proses pengukuran liner boring maupun piston demi mendapatkan ukuran yang sesuai dengan keutuhan sepeda motor.Ghulam/Otomania Proses pengukuran liner boring maupun piston demi mendapatkan ukuran yang sesuai dengan keutuhan sepeda motor.

"Bore up adalah memperbesar silinder, jadi pistonnya diganti dengan yang lebih besar. Stroke up bisa dibilang memperpanjang langkah piston, bisa ditempuh dengan cara memindahkan posisi pin kruk as ke posisi luar," ujar Erky, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Wakil Ketua Ninja Owner Club (NOC) tersebut menambahkan, bore up juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Tidak bisa menggunakan diameter piston sebesar-besarnya. Agar berimbang dan torsi pada putaran bawah bisa dikail, tentu harus dilakukan stroke up.

Baca juga: Pasang dB Killer pada Knalpot Racing Pengaruhi Performa?

"Begitu pula dengan stroke up, harus diimbangi juga dengan bore up. Tujuannya untuk mengurangi gaya gesek antara piston dengan dinding silinder," kata Erky.

Secara sederhana, bore up bisa diartikan untuk meningkatkan tenaga. Sedangkan stroke up, untuk meningkatkan akselerasi atau torsi.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X