Cara Gampang Jaga Performa Yamaha RX-King Tetap Awet

Kompas.com - 29/02/2020, 09:42 WIB
Ilustrasi Yamaha RX-King OLXIlustrasi Yamaha RX-King

JAKARTA, KOMPAS.com - Yamaha RX-King sudah menjadi salah satu motor yang legendaris di Indonesia. Usianya rata-rata sudah lebih dari 10 tahun. Meski demikian, masih banyak yang terjaga kondisi mesinnya.

Banyak yang menyebutkan bahwa memelihara motor 2-tak seperti RX-King itu mudah. Pernyataan tersebut terbukti dari banyaknya RX-King yang hingga kini masih banyak terlihat di jalan raya.

Baca juga: Daftar 5 Motor Lawas yang Punya Harga Selangit, Salah Satunya RX-King

Suryadi, anggota King Club Djakarta (KCDj), mengatakan, RX-King tak hanya mudah perawatannya, tapi juga konstruksi mesinnya bisa dibilang cukup sederhana.

Yamaha RX-King standar berhasil direstorasi menjadi edisi spesial dan dibanderol Rp 32 jutaKompas.com/Donny Yamaha RX-King standar berhasil direstorasi menjadi edisi spesial dan dibanderol Rp 32 juta

Perawatan mesinnya sangat mudah, yang penting jangan sampai telat oli sampingnya,” ujar pria yang akrab disapa Bacung tersebut, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Oli samping pada motor 2-tak memiliki fungsi yang sangat penting. Fungsinya sama seperti pelumas mesin lainnya. Tapi, kalau oli samping hanya melumasi bagian silinder dan kepala silinder saja.

Baca juga: Yamaha Ungkap Alasan RX-King Masih Ramai Peminat

“Jika oli sampingnya telat, nanti bisa merusak bagian piston, dinding silinder, dan pasti merembet ke bagian lainnya juga,” kata Bacung, yang kesehariannya bekerja sebagai mekanik di bengkel Surya Motor, di bilangan Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Jika bagian piston dan sekitarnya sudah rusak, bisa dipastikan akan berpengaruh juga terhadap performanya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X