Jaga Performa RX King buat Pemakaian Harian - Kompas.com

Jaga Performa RX King buat Pemakaian Harian

Fachri Fachrudin
Kompas.com - 07/11/2017, 10:02 WIB
Salah satu Motor RX King tahun 1997 yang dijual Boy Fajar, saat ditemui dikediamannya di bilangan Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (5/11/2017).Fachri Fachrudin Salah satu Motor RX King tahun 1997 yang dijual Boy Fajar, saat ditemui dikediamannya di bilangan Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (5/11/2017).

Jakarta, KompasOtomotif – Sepeda motor RX King masih banyak digunakan masyarakat, meskipun sudah tidak lagi diproduksi oleh Yamaha sejak delapan tahun lalu.

Mengulik kembali motor bermesin dua langkah (2-tak) dengan kapasitas mesin 135cc ini, pemilik bengkel motor YTS, Stefano Kenrikp, mengatakan bahwa hal utama yang perlu diperhatikan untuk menjaga performa mesin apabila buat pemakaian harian.

Cara paling mudah adalah memodifikasi knalpot. Caranya, menggantinya dengan knalpot racing atau mengubah knalpot asli (dibobok).

“Memodifikasi knalpot, tenaga juga bisa naik,” kata pria yang akrab disapa Anes saat ditemui KompasOtomotif di bengkelnya di bilangan Duren Sawit, Jakarta Timur, Senin (6/11/2017).

Jika dengan ubahan tersebut saja performa mesin dirasa masih kurang maksimal, maka bisa dilakukan setting karburator sesuai kebutuhan. Kemudian, modifikasi pada membran mesin juga dilakukan. Selain itu, menghaluskan lubang intake dan pembuangan agar tidak terjadi hambatan ketika proses pembakaran.

Baca juga : Minat Berburu RX King, Perhatikan Ini

Salah satu Motor RX King tahun 1995 yang dijual Boy Fajar, saat ditemui dikediamannya di bilangan Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (5/11/2017).Fachri Fachrudin Salah satu Motor RX King tahun 1995 yang dijual Boy Fajar, saat ditemui dikediamannya di bilangan Duren Sawit, Jakarta Timur, Minggu (5/11/2017).

Namun untuk pemakaian sehari-hari, kata Anes, dengan memodifikasi knalpot saja sudah cukup. Selanjutnya adalah menyesuaikan setingan karburator. Selain itu, yang perlu diperhatikan adalah penggunaan jenis oli samping dan bahan bakar.

“Bahan bakar kalau untuk RX King sesuai ubahannya, kalau standar pakai bensin Premium enggak masalah. Tapi kalau sudah banyak modifikasi pada mesin sebaiknya ikut saran mekaniknya. Kalau oli samping untuk motor harian gunakan yang jenis smokeless, lebih ramah lingkungan,” kata dia.

Baca juga : Harga Yamaha RX King Kian Melambung, Sampai Rp 22 Juta

Sepeda motor Yamaha RX King yang selesai direparasi.Facebook Marali Ali Sepeda motor Yamaha RX King yang selesai direparasi.

PenulisFachri Fachrudin
EditorAzwar Ferdian
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM