Benarkah Ganti Knalpot Racing Bisa Tambah Performa? - Kompas.com

Benarkah Ganti Knalpot Racing Bisa Tambah Performa?

Fachri Fachrudin
Kompas.com - 05/01/2018, 15:22 WIB
Bagian leher knalpot racing 2-takSetyo Adi/Otomania Bagian leher knalpot racing 2-tak

Jakarta, KompasOtomotif - Salah satu bagian motor yang sering diubah adalah knalpot. Ubahan pada knalpot dianggap dapat meningkatkan performa.

Eits, tapi tunggu dulu. Nyatanya, jika hanya mengganti knalpot standar menjadi knalpot racing belum tentu menambah performa motor. Malahan, justru bisa berdampak buruk bagi mesin.

Sebab, penggunaan knalpot racing membuat mesin menjadi lebih cepat panas karena pembakarannya kering. Kemudian, akan mempercepat keausan pada komponen mesin motor.

Baca juga : Mulai Sekarang Jangan Panaskan Motor di Depan Tembok

Oleh karena itu, jika pun ingin menggunakan knalpot racing perlu dilakukan ubahan pada beberapa bagian. Istilah lainnya, motor harus diseting ulang.

"Selama mesin standar, saya yakin enggak ada perubahan, cuma menang suaranya saja yang berisik, kecuali dalamannya (mesin dan bagian lainnya) diubah," kata Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta, Rendra Kusuma, saat ditemui di tempat kerjanya di bilangan Dewi Sartika, Jakarta Timur,  beberapa waktu lalu.

Edukasi Safety Ridingdok.WMS Edukasi Safety Riding
Namun demikian, ubahan ini tidak direkomendasikan. Sebab, motor yang dikeluarkan dari pabrik sudah melewati berbagai perhitungan dan pertimbangan yang disesuaikan kebutuhan dalam penggunannya.

Ditemui terpisah, Pemilik bengkel YTS Motor, Stefano Kenrikp menjelaskan, agar dapat merasakan performa terbaik dari penggunaan knalpot racing diperlukan pengubahan pada sejumlah bagian. Salah satunya pada ruang pembakaran.

"Jalur suplai bensin, sejak masuk hingga keluar harus diperlancar, istilahnya dikorek," kata Stefano saat ditemui di bengkel miliknya di bilangan Duren Sawit, Jakarta Timur.

 Baca juga : Tambahan Jok Anak pada Motor, Bijaksana atau Tidak?

PenulisFachri Fachrudin
EditorAzwar Ferdian
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM