Apa Benar Onderdil Yamaha Scorpio Terkenal Mahal?

Kompas.com - 08/03/2020, 13:29 WIB
Yamaha Scorpio dengan tangki kotak atau yang dikenal dengan nama Steko (Scorpio tengki kotak). Ari PurnomoYamaha Scorpio dengan tangki kotak atau yang dikenal dengan nama Steko (Scorpio tengki kotak).
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com- Memelihara tunggangan dengan usia yang sudah tidak muda lagi, semacam Yamaha Scorpio tentulah memikirkan soal penggantian onderdil atau sparepart.

Apalagi jika motor berjuluk kalajengking itu merupakan keluaran 2002, yang berarti usianya sudah 18 tahun.

Tentunya persoalan sparepart juga menjadi perhatian tersendiri. Apalagi jika menginginkan onderdil yang asli atau orisinal, pastilah harus merogoh kocek yang lebih dalam.

Itu pun lagi beruntung bisa mendapatkan onderdil asli dalam kondisi baru. Jika tidak, alternatifnya menggunakan komponen yang kw atau tiruan.

Tetapi, kalau mau bersabar dan berusaha lebih keras harus berburu untuk mendapatkan sparepart copotan motor.

Baca juga: Sebelum Beli, Kenali 4 Penyakit Yamaha Scorpio

Mengingat, motor yang memiliki kubikasi 225 keluaran 2002 merupakan CBU (Completely Built Up) Jepang. Sehingga, sparepartnya pun akan lebih sulit dicari dan harganya juga relatif mahal.

Pemilik bengkel spesialis Scorpio ASICS, Anang tengah melakukan perbaikan pada salah satu Scorpio milik pelanggannya.Ari Purnomo Pemilik bengkel spesialis Scorpio ASICS, Anang tengah melakukan perbaikan pada salah satu Scorpio milik pelanggannya.

Benarkah, sparepart motor dengan spek touring ini terkenal mahal? Pemilik Bengkel Spesialis Scorpio ASICS di Tohudan, Karanganyar, Anang tidak menampik anggapan tersebut. Memang ada beberapa onderdil yang terbilang cukup mahal untuk motor kalajengking itu.

“Salah satu yang sering terjadi itu masalah karet vakum di karburator. Kalau sudah rusat atau berlubang itu harus diganti, padahal harganya yang asli berkisar Rp 600.000 sampai Rp 700.000,” katanya kepada Kompas.com saat ditemui di bengkelnya, Sabtu (8/3/2020).

Dengan harga tersebut, Anang menambahkan, para pemilik Scorpio yang tetap menginginkan part yang asli biasanya lebih memilih satu set karburator.

Baca juga: 3 Alasan Yamaha Scorpio Bekas Masih Diburu dan Punya Harga Tinggi

“Kalau beli satu set karburator itu sekitar Rp 1,2 jutaan, kan selisihnya tidak banyak kalau dibandingkan hanya beli karet vakumnya,” ujarnya.

Karet vakum karburator Yamaha Scorpio. Ari Purnomo Karet vakum karburator Yamaha Scorpio.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X