Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modal Murah Bersihkan Jok Kulit, Pakai Sabun Bayi

Kompas.com - 08/03/2020, 10:44 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu modifikasi interior yang kerap dilakukan pemilik mobil adalah dengan mengganti lapisan jok menggunakan material kulit atau sintetis.

Alasan utama selain estetika, jok kulit lebih mudah diberisihkan jika terkena kotoran, daripada jok bahan fabric atau kain.

Faktanya, ketika sudah diaplikasikan, pemilik mobil sangat jarang untuk rutin melakukan perawatan.

Banyak yang mengatakan bahwa cara merawat jok kulit cukup mudah, salah satu yaitu dengan menggunakan sabun bayi.

Pemilik bengkel spesialis interior Vertue Concept, Edy, mengatakan, membersihkan jok kulit dengan sabun bayi merupakan perawatan yang aman untuk dilakukan.

Baca juga: Pengguna Kendaraan, Catat Ini Kawasan Rawan Kecelakaan di Solo

“Membersihkan jok kulit dengan sabun bayi tidak akan membuat hasil akhir kulit jok menjadi mengkilap, karena pH-nya yang seimbang. Ibaratnya paling bagus dan lebih halus dari cairan sabun lainnya,” ujar Edy saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Produk cairan pembersih jok yang disediakan di Toko EFO spesalis jok mobil.Ghulam/Otomania Produk cairan pembersih jok yang disediakan di Toko EFO spesalis jok mobil.

Baca juga: [POPULER OTOMOTIF] Avanza Menang Lagi dari Xpander | Scorpio Bekas Tembus Puluhan Juta Rupiah

CEO Makko Group, Christopher Sebastian menambahkan, merawat jok mobil baik berbahan kulit maupun fabric tidak bisa dilakukan sembarangan, dan harus menggunakan cairan yang khusus.

“Bersihkan jok mobil harus menggunakan cairan pembersih yang mengandung pelembab. Selain itu saat membersihkan jangan menggunakan kain kasar, dan hindari jok dari sinar matahari langsung ketika memarkir mobil,” ujar Chirstopher kepada Kompas.com, Sabtu (07/03/03

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com