Ini Dia Komponen Honda Tiger yang Terkenal Mahal

Kompas.com - 08/03/2020, 09:55 WIB
Rantai Honda Tiger Foto: Tribunews.com/PontianakRantai Honda Tiger
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Pecinta Honda Tiger masih banyak dan cukup fanatik, meski motor touring itu sudah disuntik mati pada 2013. Adapun komponen yang terkenal mahal dari Tiger ialah set rantai.

Denny Yamka, dari klub Honda Tiger Mailing List (HTML) Jakarta Selatan, mengatakan, set rantai Tiger original saat ini berkisar antara Rp 800.000 sampai Rp 900.000, bisa lebih mahal tergantung tempat.

Baca juga: Mengenal 3 Generasi Honda Tiger Versi Anak Motor

"Orinya masih banyak. Ori Jepang harganya relatif mahal, bisa 30 persen atau 50 persen dari aftermarket. Rantai 900.000 tapi kalau merek lain SSS (Triple S) hanya Rp 500.000, jadi bisa 30 persen ke atas," kata Denny kepada Kompas.com, belum lama ini.

Honda Tiger 2000Foto: Old Tiger Cirebon Honda Tiger 2000

Denny mengatakan, mahal atau tidak sangat personal karena tergantung kantung masing-masing. Namun komponen original pasti dirancang sedemikian rupa agar sesuai dengan kemampuan motornya.

"Intinya tergantung pemakaian, rantai ada proses kerja yang membutuhkan kinerja tersendiri. Saya pernah touring sampai 6.000 km saya ganti dari awal, sampai setahun touring kemana-mana tidak habis," katanya.

Baca juga: Honda Tiger Scrambler Tracker Sederhana ala Bogel Garage

Denny mengatakan, tidak masalah menggunakan set rantai original, aftermarket atau subtitusi dari motor lain, sebab tujuannya ialah mensiasati bagaimana motor bisa berfungsi semestinya dengan baik dan normal.

"Kecuali misalkan ada persiapan buat perjalanan touring jauh, kalau mau dibawa jauh biasanya teman-teman cenderung mempersiapkan diri memakai komponen orisinil," kata Denny.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X