Berapa Biaya Urus Surat On The Road Buat Motor

Kompas.com - 24/02/2020, 14:22 WIB
Yamaha Nmax 2020 Yamaha Nmax 2020
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika ingin membeli sepeda motor baru dari diler, calon konsumen biasanya akan ditawarkan harga on the road ( OTR).

Harga OTR merupakan harga motor beserta biaya pengurusan kelengkapan surat-surat seperti BPKB, STNK, hingga pajaknya, seperti Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB).

Dengan OTR istilahnya sekali bayar tinggal pakai. Konsumen tak dipusingkan lagi untuk mengurus dokumen jalan dan biaya tambahannya. Hanya saja harganya lebih mahal dari off the road.

Baca juga: Bolehkah Beli Mobil atau Motor dengan Harga Off The Road?

Warna baru SUzuki GSX-R 150 diperlihatkan di lantai pameran Suzuki roda dua di GIIAS 2018Arie Dwinov Warna baru SUzuki GSX-R 150 diperlihatkan di lantai pameran Suzuki roda dua di GIIAS 2018

Salah satu pramuniaga diler Suzuki roda dua di bilangan Tangerang Selatan, mengatakan, pada dasarnya konsumen bisa membeli motor dalam kondisi off the road dan mengurus pajak sendiri.

"Bisa saja beli off the road, nanti ngurus pajak sendiri. Biasanya yang ngasih itu diler-diler besar (off the road)," kata sang pramuniaga kepada Kompas.com, Senin (24/2/2020).

Jika pun memutuskan membeli off the road dan mengurus pajak sendiri, pramuniaga tersebut mengatakan jatuhnya bisa lebih murah dari harga OTR diler.

"Seharusnya lebih murah (dari OTR). Cuma ngurus sendiri. Syaratnya dia mesti beli tunai. Tapi tidak seribet kalau kredit. Duit cash sama KTP saja cukup," katanya.

Baca juga: Ini Risiko Lakukan Over Credit Secara Diam-diam

Suzuki Nex IIKOMPAS.com/Gilang Suzuki Nex II

Tenaga penjual diler Yamaha di Jakarta Selatan pun mengatakan demikian. Pada dasarnya bisa saja membeli off the road kemudian mengurus surat dan pajak jalan sendiri sampai legal dipakai di jalan raya.

Sang pramuniaga mencontohkan, saat ini harga OTR New NMAX varian biasa dibanderol Rp 29,5 juta. Dari harga itu biaya pengurusan surat mencapai Rp 4 jutaan.

"Harga off the road-nya kurangi saja Rp 4 juta - Rp 5 juta. Buat NMAX bisa saja beli off the road tapi sekarang belum bisa soalnya barangnya belum banyak, nanti kalau sudah banyak bisa saja," katanya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X