Bisakah Membersihkan AC Mobil Tanpa Bongkar Dasbor?

Kompas.com - 24/02/2020, 13:02 WIB
Ac mobil bisa membuat dehidrasi googleAc mobil bisa membuat dehidrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Air conditioner (AC) merupakan salah satu komponen yang mendukung kenyamanan mobil, bahkan pemilik harus rajin melakukan perawatan agar AC tetap berfungsi dengan baik.

Saat membersihkan AC mobil, biasanya pemilik harus membawa mobilnya ke bengkel dan membongkar dasbor. Hal itu dilakukan untuk menjangkau evaporator dan membersihkan debu serta kotoran lainnya.

Walaupun saat ini banyak sudah banyak yang menjual cairan pembersih AC, dan pemilik mobil bisa membersihkan sendiri di rumah, tetapi jika tidak benar-benar paham, bisa merusak komponen lainnya.

Baca juga: Banyak Orang Kaya yang Beli Mobil dengan Kredit, tapi...

Namun seiring berkembangnya teknologi, membersihkan AC mobil saat ini tidak perlu melepas dasbor mobil.

Kelvin Ong, Business Development Rotary Bintaro, menjelaskan, saat ini sudah ada mesin canggih yang menggunakan teknologi komputer sehingga bisa mencuci evaporator tanpa bongkar dashbor.

Evaporator AC mobilFoto: Dokter Mobil Evaporator AC mobil

“Kalau zama  dulu mau servis AC masih harus bongkar dasbor, berisiko, patah, belum lagi harus dapat mekanik yang handal untuk bongkar itu. Sekarang tidak perlu, cukup membuka glove box. Karena sudah ada alat yang namanya ‘cooling machine’, yang bisa membersihkan atau mencuci evaporator tanpa bongkar dasbor,” ujar Kelvin kepada Kompas.com, Senin (24/02/2020)

Baca juga: Tak Hanya Kecelakaan, Truk ODOL Juga Kuras Uang Negara

Kelvin mengatakan, proses membersihkan AC dengan cooling machine ini tidak berisiko.

"Proses pengerjannya menggunakan kamera borescope, jadi pemilik mobil bisa melihat prosesnya langsung melalui LCD. Hasilnya juga akan lebih bersih karena terdapat ozone generator didalamnya, sehingga bisa menghilangkan bau dan menghilangkan bakteri,” ujarnya.

Kelvin melanjutkan, dengan menggunakan cara ini, waktu pembersihkan AC jadi lebih sebentar. Biasanya membersihkan AC dan membongkar dasbor butuh waktu setengah hari sampai satu hari.

“Dengan alat ini hanya butuh waktu 30 menit hingga 60 menit, tergantung jenis mobilnya,” ujarnya.

Selain itu biaya yang dikeluarkan juga lebih murah, karena tidak perlu membongkar dasbor.

“Biasanya jika membongkar dasbor butuh biaya Rp 1 juta hingga Rp 2 juta, dengan alat ini biayanya dimulai dari Rp 400 ribu, tergantung jenis mobil,” ujar Kelvin.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X