Kompas.com - 24/02/2020, 13:22 WIB
Mazda CX-30 dijual mulai Rp 478,8 juta Kompas.com/DioMazda CX-30 dijual mulai Rp 478,8 juta
Penulis Ari Purnomo
|

SOLO, KOMPAS.com- Produk terbaru Mazda CX-30 menawarkan pengalaman mengemudi yang aman dan nyaman. Compact Crossover SUV ini dilengkapi berbagai fitur pengamanan cukup canggih.

Salah satunya adalah fitur keamanan yang ada pada Mazda generasi ke-7 ini adalah MRCC (Mazda Radar Cruise Control).

Fitur canggih ini memiliki fungsi mengatur kecepatan mobil menyesuaikan dengan kecepatan mobil yang ada di depannya.

Dengan begitu, mobil bisa menghindari terjadinya kecelakaan beruntun tatkala mobil yang ada di depan terlibat kecelakaan.

Mazda Expert Jateng-DIY, Zamroni menjelaskan, MRCC ini merupakan fitur radar canggih Mazda yang memungkinkan pengendara mengikuti kecepatan kendaraan di depannya.

Baca juga: Skema Kredit Mazda CX-30, Tersedia Bunga Nol Persen

“Fitur ini bisa diatur berapa jauh jarak antara kendaraan keduanya, dan kendaraan bisa menyesuaikan kecepatan seperti kendaraan yang melaju di depannya,” kata Zamroni kepada Kompas.com, Senin (24/2/2020).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mazda CX-30 menggunakan mesin berteknologi SKYACTIV-G dengan kapasitas 2.000 cc.Kompas.com/Dio Mazda CX-30 menggunakan mesin berteknologi SKYACTIV-G dengan kapasitas 2.000 cc.

Selain itu, Zamroni menambahkan, fitur ini bisa diaktifkan melalui pengaturan yang ada di centre display dan juga ada di steering.

“Saat fitur ini diaktifkan, pengemudi tidak perlu lagi untuk menginjak pedal gas untuk melajukan mobil. Mobil akan otomatis melaju sesuai dengan kecepatan mobil di depannya,” katanya.

Selain mengikuti kecepatan mobil di depannya, Zamroni mengatakan, mobil juga bisa otomatis berhenti saat mobil di depannya mengalami kejadian atau kecelakaan.

Fitur untuk pengereman otomatis ini bernama FOW (Forward Obstruction Warning). Dengan begitu, potensi kecelakaan beruntun pun bisa dihindari meski mobil tidak dikendalikan pengemudi.

Baca juga: Mazda CX-30 Resmi Mengaspal di Solo, Dijual Mulai Rp 488,8 Juta

“Fitur ini memang untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan beruntun dengan kendaraan di depannya. Dan pengereman otomatis ini untuk mengantisipasi jika kendaraan di depan ngerem mendadak atau terjadi sesuatu,” ucapnya.

Test Drive Mazda CX-3Aditya Maulana - Otomania Test Drive Mazda CX-3

Selain pengamanan untuk sisi depan, Mazda CX-30 ini juga dilengkapi dengan fitur pengamanan mengantisipasi terjadinya tabrakan dari belakang.

Fitur tersebut bernama ESS atau emergency stop signal. Saat pengemudi mobil melakukan pengereman mendadak maka mobil otomatis akan memberikan sinyal kepada pengemudi yang ada di belakangnya.

“Saat pengemudi melakukan pengereman mendadak maka turn signal hazard akan berkedip cepat ketika terdeteksi rem mendadak. Dengan sinyal itu diharapkan pengemudi yang ada di belakang meresponnya,” katanya.

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X