Dua Tombol Misterius, Ducati Mulai Eksperimen Lagi

Kompas.com - 23/02/2020, 10:22 WIB
Dua tombol tambahan pada Ducati Desmosedici GP20 Speedweek.comDua tombol tambahan pada Ducati Desmosedici GP20

QATAR, KOMPAS.com - Tahun lalu, Ducati mengeluarkan terobosan dengan menggunakan Holeshot Device. Alat untuk akali start tersebut langsung diikuti oleh Yamaha di musim ini.

Setelah Holeshot Device, Ducati kembali membuat para pecinta MotoGP penasaran. Sebab, pada setang motor Desmosedici GP20 di sebelah kiri, terdapat dua tombol tambahan yang belum diketahui apa fungsinya.

Baca juga: Banyak Tim MotoGP Belum Pakai Alat Akali Start, Ada Risikonya

Banyak dugaan yang mengatakan bahwa kedua tombol tambahan tersebut merupakan pengembangan Ducati terhadap Holeshot Device.

Dua tombol tambahan pada Ducati Desmosedici GP20@offbikes Dua tombol tambahan pada Ducati Desmosedici GP20

Holeshot Device sendiri bekerja dengan cara mengunci kompresi suspensi belakang pada saat monoshock dalam kondisi terkompres.

Sehingga, posisi motor menjadi lebih rendah dan mengurangi resiko ban depan terangkat atau wheelie saat motor berakselerasi selepas start.

Kedua tombol tambahan tersebut pastinya bekerja secara mekanis. Sebab, segala ubahan tambahan yang sifatnya elektronik, dilarang oleh regulasi yang berlaku.

Baca juga: Honda Belum Mau Ikutan Pakai Alat Bantu Start

Kabarnya, Suzuki dan KTM juga sedang mengembangkan Holeshot Device dan mengujinya di sesi tes pra-musim yang digelar di Qatar.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X