Sirkuit Jalanan Formula E di Monas Mulai Diuji Coba

Kompas.com - 23/02/2020, 08:52 WIB
Pebalap berlomba melewati tikungan dalam Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019. AFP/GETTY IMAGES/David Dee DelgadoPebalap berlomba melewati tikungan dalam Formula E Racing Championship di Brooklyn, New York City, 13 Juli 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jakarta Propertindo ( Jakpro) melakukan uji coba metode pelapisan cobblestone atau paving block seluas 60 meter persegi di kawasan pelataran Monumen Nasional ( Monas) untuk persiapan ajang Formula E.

Wisnu Wardhana, Deputi Bidang Teknis Formula E Jakarta, menyatakan, pelapisan aspal ini bertujuan untuk mengecek kemudahan pelapisan aspal di atas lapisan cobblestone setelah didiamkan selama empat hari.

"Proses uji coba dimonitor oleh para ahli. Mekanisme ini umum dilakukan di Paris, Perancis dan Roma, Italia selaku salah satu negara penyelenggara Formula E," katanya di keterangan resmi, Sabtu (22/2/2020).

Baca juga: [POPULER OTOMOTIF] Kendaraan Modifikasi Wajib Lapor Polisi | Saat Parkir Wiper Wajib Diangkat?

Aspal untuk balap mobil listrik Formula E mulai dipasang di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (22/2/2020)KOMPAS.COM/RYANA ARYADITA UMASUGI Aspal untuk balap mobil listrik Formula E mulai dipasang di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (22/2/2020)

Ada dua material yang diujicobakan dalam pengaspalan itu. Pertama, yakni, material sand sheet dan geotextile yang dikerjakan di atas lahan dengan panjang 15 meter dan lebar empat meter.

Pada prosesnya, Jakpro sebagai komite penyelenggara (Organizing Committee/OC) Formula E hanya menggunakan aspal kasar, belum menggunakan yang halus.

"Ini sudah cukup untuk mengukur kekuatan bila terlintasi setelah terpasang dan kemudian bila nanti dikelupas," kata Wisnu.

Meski demikian, masyarakat yang berkunjung ke Monas akan tetap dapat melintasi lahan yang sudah teraspal sejak hari ini. Proses teknis uji coba pelapisan sendiri, dilakukan sejak Jumat (21/2/2020) jelang tengah malam.

Baca juga: Potensi Keuntungan Jakarta dari Ajang Formula E

Jalur Formula E yang diumumkan di Hotel Novotel, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (14/2/2020)Dok. Formula E Indonesia Jalur Formula E yang diumumkan di Hotel Novotel, Cikini, Jakarta Pusat, Jumat (14/2/2020)

Pengaspalan cobblestone di Monas ini ditargetkan bisa selesai selama 1,5 bulan. Adapun wilayah yang dilakukan pengaspalan adalah Monas bagian barat daya, barat, selatan, sebagian timur, serta tenggara.

"Ini merupakan standar yang diterapkan oleh FIA di setiap lokasi yang akan melakukan perlombaan Formula E. Di Paris, sirkuit Formula E mengitari situs Les Invalides yang umurnya 350 tahun. Maka, setiap selesai gelar Formula E aspalnya dikelupas dan kembali seperti sedia kala," kata Wisnu.

Ajang ABB FIA Formula E Championship di Jakarta atau Jakarta E-Prix sendiri, akan digelar pada 6 Juni 2020 mendatang.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X