Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Curi Start, Honda Tes Sasis Motor Baru Tanpa Duet Marquez

Kompas.com - 22/01/2020, 17:42 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JEREZ, KOMPAS.com - Jelang peluncuran resmi tim Repsol Honda di Jakarta 4 Februari mendatang, Honda tidak buang waktu dengan melakukan tes privat di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 21-22 Januari 2019.

Tes kali ini hanya melibatkan pebalap penguji Stefan Bradl. Pebalap asal Jerman itu menguji RC213V model 2020 tanpa dua pebalap utama Honda yaitu kakak beradik, Marc dan Alex Marquez.

Baca juga: Marc Marquez Enggan Bagi-bagi Ilmu kepada Adiknya

 

Honda merupakan tim pertama yang menguji motor baru pada 2020. Bradl sendirian sebab para pebalap reguler MotoGP saat ini tengah menjalani masa larangan uji coba pada awal tahun yakni Januari 2020.

Fokus utama Bradl ialah mengetes sasis baru. Sebab pengembangan RC213V 2019 yang merujuk untuk Marc Marquez terbukti tidak dapat dicerna oleh pebalap lain semisal Jorge Lorenzo dan Cal Cruthlow.

Sepanjang musim lalu, Lorenzo dan Crutchlow sering mengeluhkan motor yang terlalu liar dan sulit dijinakkan. Namun di saat yang sama Marc Marquez justru tampil luar biasa dari awal hingga akhir musim.

Baca juga: Angka Kecelakaan Marquez Menurun di 2019, Ini Rahasianya

Marc Marquez saat sesi tes pra-musim di Valencia, Spanyol. (Photo by JOSE JORDAN / STR / AFP)JOSE JORDAN Marc Marquez saat sesi tes pra-musim di Valencia, Spanyol. (Photo by JOSE JORDAN / STR / AFP)

Dengan Bardl mengetes RC231V lebih dulu maka masukkan darinya akan sangat berpengaruh pada saat tes pramusim seri digelar. Salah satunya pada awal Maret mendatang di Sirkuit Sepang, Malaysia.

Saat ini Marc Marquez diketahui masih dalam pemulihan dari operasi bahu November tahun lalu. Adapun adiknya, Alex, baru sempat merasakan RC213V model 2019 di dua tes sebelumnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com