Beijing Motor Show 2020 Batal Akibat Virus Corona

Kompas.com - 19/02/2020, 08:22 WIB
Ilustrasi pameran otomotif Beijing Motor Show autocar.co.ukIlustrasi pameran otomotif Beijing Motor Show

JAKARTA, KOMPAS.comPameran otomotif Beijing Motor Show atau Auto China yang rencananya berlangsung 21-30 April 2020 kabarnya ditunda karena virus corona. Padahal ajang dua tahunan ini jadi lokaso di mana pabrikan otomotif dunia kerap melakukan world premiere.

Sebagai pasar otomotif terbesar di dunia, rencana batalnya ajang Beijing Motor Show tak hanya merugikan pabrikan besar. Sejumlah pabrikan domestik juga bisa gagal mengenalkan produk mereka lewat ajang bergengsi ini.

Dilansir dari Reuters, Beijing Motor Show tidak dibatalkan melainkan ditunda hingga waktu yang belum ditentukan.

Baca juga: Masih Perlukah Budaya Memanaskan Mobil? Simak Ini

Ilustrasi pameran otomotif Beijing Motor Showdpccars.com Ilustrasi pameran otomotif Beijing Motor Show

Meski begitu, keputusan jadi atau tidaknya gelaran otomotif ini masih menunggu kepastian dalam beberapa pekan ke depan, sambil melihat perkembangan kondisi wabah.

Bukan hanya pameran otomotif, ajang balap Grand Prix Formua One (F1) China 2020 yang direncanakan berlangsung pada 17-19 April 2020 juga lebih dulu menyatakan penundaan.

Menurut media lokal, balapan kemungkinan diundur sampai September atau awal Oktober 2020. Atau bakal berlangsung setelah Grand Prix F1 Rusia pada 27 September atau sebelum Grand Prix F1 Jepang pada 10 Oktober.

Baca juga: Selain Harga Resmi, Ini Biaya Tambahan Bikin dan Perpanjang SIM

Karyawan yang sedang bekerja di pabrik mobil Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China.Reuters Karyawan yang sedang bekerja di pabrik mobil Hangzhou, Provinsi Zhejiang, China.

Sementara itu, wabah virus corona juga telah mempengaruhi performa industri otomotif China secara keseluruhan.

Asosiasi Produsen Otomotif China melaporkan penjualan mobil pada Januari 2020 berkurang 2 juta unit, atau menurun 18 persen dibanding periode yang sama tahun 2019.

Tak hanya itu, pabrikan Nissan dan Honda juga telah memutuskan untuk menghentikan kegiatan produksi di China untuk sementara waktu akibat dari penyebaran virus corona.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X