Masih Perlukah Budaya Memanaskan Mobil? Simak Ini

Kompas.com - 17/02/2020, 15:17 WIB
Ilustrasi menyalakan mesin mobil doityourself.comIlustrasi menyalakan mesin mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan di era modern ini sudah banyak menganut teknologi terbaru, yang membuat ada banyak perbedaan dengan kendaraan generasi lawas. Salah satu contohnya adalah kebiasaan memanaskan mesin mobil di pagi hari.

Kebiasaan ini bisa bermanfaat untuk mobil yang masih mengusung teknologi zaman dulu (jadul), seperti masih pakai karburator atau mobil yang belum memiliki Electronic Control Unit (ECU).

Kebalikannya, untuk mobil zaman sekarang rata-rata sudah memiliki kemampuan lebih. Contohnya sudah dilengkapi dengan ECU, yang bisa membantu mesin bekerja optimal dalam kondisi apapun.

Baca juga: Sigra Pimpin Pasar Daihatsu, Pamor Xenia Mulai Redup

Selain itu banyak mobil generasi Fuel Injection yang sudah didukung oleh komputerisasi, sehingga tidak perlu lagi dipanaskan setiap hari.

Memanaskan mesin mobil sebenarnya hanya butuh waktu 5 sampai 10 menit, dan tidak perlu dilakukan setiap hari. Intinya ketika temperatur sudah naik dan oli naik keatas mesin mobil sudah bisa dijalankan," jelas Anjar Rosadi, Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM) kepada Kompas.com, Senin (17/02/2020).

Anjar melanjutkan, kalau mau memanaskan mobil disarankan minimal dua hari sekali. "Karena kalau memanaskan mobil setiap hari hanya akan membuang-buang bahan bakar saja,” ujar Anjar lagi.

Ilustrasi mesin mobil.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Ilustrasi mesin mobil.

Baca juga: Jika Aspal Permanen, Balapan Lain Bakal Antre di Sirkuit Monas

Hal yang serupa juga diungkapkan oleh Didi Ahadi, Dealer Technical Sepport Dept. Head PT. TAM. Menurut Didi, mobil zaman sekarang sudah tidak perlu dipanaskan setiap hari.

"Mobil tidak perlu dipanaskan seiap hari, karena tujuan memanaskan mesin untuk oli bersirkulasi dengan baik. Sedangkan untuk mobil tahun 90-an keatas mesinnya sudah dilengkapi dengan one way valve. Sehingga oli dari atas tidak akan turun ke penampungan oli saat mesin dimatikan," ujar Didi.

Baik Anjar maupun Didi mengatakan, memanaskan mobil atau tidak, itu tergantung kebiasaan pengemudi. Namun yang terpenting dilakukan secukupnya saja tidak terlalu lama dan tidak terlalu sebentar.

Sambil menghidupkan mesin, lebih baik lagi bila sambil melakukan pengecekan ke komponen lain seperti ban, lampu-lampu kendaraan dan kelengkapan surat-surat, sebelum melakukan perjalanan.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X