Obat Ampuh Usir Kucing di Kolong atau Kap Mesin Mobil

Kompas.com - 30/01/2020, 14:41 WIB
Cairan dari kolong mobil Cairan dari kolong mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Suhu hangat pada mesin mobil setelah dipakai berkendara bisa menarik perhatian kucing atau hewan lainnya.

Itulah penyebabnya hewan seperti kucing suka berteduh di kolong mobil untuk sekedar istirahat atau menghangatkan badan.

Sebagai pengendara jika tidak memperhatikan dengan jeli, binatang tersebut bisa tergilas. Bahkan binatang ini bisa mati tanpa diketahui oleh pemiliknya.

Baca juga: Jangan Sampai Terlindas, Kucing Gemar Beristirahat di Kolong Mobil

“Sebaiknya pemilik mobil tidak memarkir kendaraannya di luar garasi, karena hal ini pasti tidak akan bisa dihindari ketika mobil terparkir di luar,” ujar dokter hewan Ricky Dikril Alam kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (30/01/2020)

Ilustrasi pengecekan mesin mobilKompas.com Ilustrasi pengecekan mesin mobil

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Rupiah Sedang Menguat, Volkswagen Mulai Optimis

Ricky juga menyarankan untuk selalu memeriksa kap mesin sebelum menyalakan mobil. Karena dalam beberapa kasus banyak kucing atau tikus yang berlindung di dalam mesin.

“Ada kucing atau tikus yang berlindung di mesin mobil, ketika pemilik kendaraan menyalakan mesin hewan tersebut tersambar van belt yang berputar,” ujar Ricky.

Hidupkan klakson

Dokter hewan Adi Nugraha menyarankan, sebelum menyalakan mesin mobil sebaiknya ketuk-ketuk kap mobil terlebih dahulu.

Selanjutnya luangkan waktu berkeliling kendaraan untuk melihat sekitar roda hingga kolong mobil. Cara terakhir adalah membunyikan klakson mobil.

Hewan akan kaget dan pergi bila mendengar suara keras seperti klakson. Dibunyikan beberapa kali untuk memastikan hewan tersebut pergi menjauh.

“Walaupun mobil sudah menggunakan cover pelindung, kucing atau tikus pasti punya cara untuk masuk. Jadi sebaiknya di cek sampai kolong mobil atau bisa juga membunyikan klakson sebelum menyalakan mobil,” ujar Adi Nugraha.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.