Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Obat Ampuh Usir Kucing di Kolong atau Kap Mesin Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Suhu hangat pada mesin mobil setelah dipakai berkendara bisa menarik perhatian kucing atau hewan lainnya.

Itulah penyebabnya hewan seperti kucing suka berteduh di kolong mobil untuk sekedar istirahat atau menghangatkan badan.

Sebagai pengendara jika tidak memperhatikan dengan jeli, binatang tersebut bisa tergilas. Bahkan binatang ini bisa mati tanpa diketahui oleh pemiliknya.

“Sebaiknya pemilik mobil tidak memarkir kendaraannya di luar garasi, karena hal ini pasti tidak akan bisa dihindari ketika mobil terparkir di luar,” ujar dokter hewan Ricky Dikril Alam kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (30/01/2020)

Ricky juga menyarankan untuk selalu memeriksa kap mesin sebelum menyalakan mobil. Karena dalam beberapa kasus banyak kucing atau tikus yang berlindung di dalam mesin.

“Ada kucing atau tikus yang berlindung di mesin mobil, ketika pemilik kendaraan menyalakan mesin hewan tersebut tersambar van belt yang berputar,” ujar Ricky.

Hidupkan klakson

Dokter hewan Adi Nugraha menyarankan, sebelum menyalakan mesin mobil sebaiknya ketuk-ketuk kap mobil terlebih dahulu.

Selanjutnya luangkan waktu berkeliling kendaraan untuk melihat sekitar roda hingga kolong mobil. Cara terakhir adalah membunyikan klakson mobil.

Hewan akan kaget dan pergi bila mendengar suara keras seperti klakson. Dibunyikan beberapa kali untuk memastikan hewan tersebut pergi menjauh.

“Walaupun mobil sudah menggunakan cover pelindung, kucing atau tikus pasti punya cara untuk masuk. Jadi sebaiknya di cek sampai kolong mobil atau bisa juga membunyikan klakson sebelum menyalakan mobil,” ujar Adi Nugraha.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/01/30/144100315/obat-ampuh-usir-kucing-di-kolong-atau-kap-mesin-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke