Jangan Sampai Terlindas, Kucing Gemar Beristirahat di Kolong Mobil

Kompas.com - 30/01/2020, 11:42 WIB
Kolong mobil biasanya jadi tempat berlindung kucing KOMPAS.com/Aprida Mega NandaKolong mobil biasanya jadi tempat berlindung kucing

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing adalah hewan yang suka mencari tempat hangat untuk berlindung atau berbaring. Seperti mobil yang menjadi salah satu tempat favoritnya, baik di atas kap mesin, kolong mobil, maupun di sela-sela ban.

Hal ini terkadang bisa membuat pengemudi jengkel lantaran adanya bekas baret dari kuku kucing.

Bahkan yang memprihatinkan, ada kucing yang mati terlindas akibat pemilik kendaraan tidak memperhatikan saat akan berkendara.

Baca juga: Modal Rp 200 Juta Bisa Bawa Pulang Toyota Alphard

Terkait hal ini, dokter hewan Adi Nugraha angkat bicara. Menurut Adi, naluri kucing adalah mencari tempat untuk bersembunyi, berlindung, dan beristirahat.

Bersembunyi dari gangguan kucing lainnya, berlindung dari panasnya sinar matahari atau dinginnya udara malam, apalagi ketika sedang hujan.

“Suhu tubuh rata-rata kucing 38-39 derajat celsius. Maka dari itu, kucing akan selalu mencari tempat untuk menjaga suhu tubuhnya selalu stabil. Kondisi kolong mobil yang sehabis digunakan tentu memiliki suhu yang hangat sehingga membuat kucing nyaman untuk tidur,” ujar Adi Nugraha kepada Kompas.com di Jakarta, Kamis (30/1/2020)

Cairan dari kolong mobil Cairan dari kolong mobil

Baca juga: Gotong Royong Angkat Motor dari Jalur Transjakarta Terulang Lagi

Hal ini juga dibenarkan oleh dokter hewan Ricki Dikril Alam. Bahkan ada yang sampai menyelinap ke kap mesin.

“Tidak hanya di kolong atau bawah mobil, kadang ada yang bisa sampai masuk kap mesin mobil. Mereka seperti itu karena naluri mencari tempat tinggal saja, mencari tempat berlindung dari panas. Mencari tempat yang hangat ketika hujan,” ujar Ricki Dikril Alam.

Ricki menambahkan, hal seperti ini wajar adanya dan tidak dapat dihindari, terutama bagi pemilik mobil yang memarkir kendaraannya di luar (tidak dalam garasi).

Pasti akan banyak kucing liar yang berteduh di bawah mobil. Sebaiknya gunakan pelindung sarung mobil.

Lakukan pengecekan sekeliling kendaraan sebelum menghidupkan mesin mobil dan memulai perjalanan.

Dikhawatirkan ada binatang peliharan seperti kucing yang sedang bersembunyi atau tidur di kolong mobil, sela-sela ban, atau kap mesin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.