Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kontainer Rem Blong di Tol Cipularang, Truk ODOL Banyak Masalah

Kompas.com - 18/01/2020, 12:38 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebuah truk trailer berjenis Tractor Head dengan nomor polisi B 9766 UO mengalami kecelakaan di Rest Area Km 97 Tol Cipulang pada Jumat (17/1/2020). Kejadian ini mengakibatkan tujuh kendaraan yang sedang diparkir rusak terkena hantaman trailer.

Marketing and Communication Department Head PT Jasa Marga (Persero) Irra Susiyanti, mengatakan bahwa truk mengalami rem blong sehingga kendaraan kehilangan kendali.

“Kemudian oleng dan terbalik dengan posisi roda kanan di atas dan menimpa tujuh kendaraan yang sedang terparkir di sekitar rest area tersebut,” ucapnya. dalam keterangan resmi (18/1/2020).

Baca juga: Mobil Bekas Usia 10 Tahun ke Atas yang Paling Banyak Dicari

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 

Video rekaman cctv kecelakaan di Rest Area KM 97 Tol Cipularang pada Jumat (17/1) sore #jktinfo

Sebuah kiriman dibagikan oleh JAKARTA INFO (@jktinfo) pada 17 Jan 2020 jam 8:26 PST

Untuk mengamankan kondisi lalu lintas di lokasi kejadian, petugas Jasa Marga segera melakukan evakuasi terhadap kendaraan yang terlibat dan melakukan pengaturan lalu lintas.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Institut Studi Transportasi (Instran) Deddy Herlambang, mengatakan jika kejadian rem blong merupakan salah dampak negatif dari truk ODOL (over dimension dan over load).

“Sering terjadi kecelakaan di jalan tol, penyebabnya adalah truk ODOL. Truk ODOL dapat mengakibatkan rem tidak berfungsi sempurna dan akhirnya menabrak kendaraan di depannya lalu terguling,” ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Harganya Bertahan, Ini Mobil Bekas Paling Populer Setahun Terakhir

Direktur Utama PT Jasa Marga Ngawi Kertosono Kediri (JNK), AJ Dwi Winarsa (tengah) turun langsung melihat operasi gabungan kendaraan yang over dimensi dan over load muatan (ODOL) di rest area 626 jalur A ruas tol Ngawi-Kertosono, Kamis (21/11/2019) siang.KOMPAS.COM/MUHLIS AL ALAWI Direktur Utama PT Jasa Marga Ngawi Kertosono Kediri (JNK), AJ Dwi Winarsa (tengah) turun langsung melihat operasi gabungan kendaraan yang over dimensi dan over load muatan (ODOL) di rest area 626 jalur A ruas tol Ngawi-Kertosono, Kamis (21/11/2019) siang.

Deddy juga mengatakan, kecelakaan truk ODOL tak hanya melibatkan kendaraan di depan atau belakangnya, tapi juga lingkungan di sekitarnya.

“Risiko truk ODOL bermacam-macam, mulai dari truk rem blong, ban truk pecah, as roda patah, suspensi patah, truk terguling, jalan cepat rusak, muatan atas menabrak jembatan (JPO/Viaduk), hingga kecepatan yang terbatas,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com