Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kontainer Rem Blong di Tol Cipularang, Truk ODOL Banyak Masalah

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebuah truk trailer berjenis Tractor Head dengan nomor polisi B 9766 UO mengalami kecelakaan di Rest Area Km 97 Tol Cipulang pada Jumat (17/1/2020). Kejadian ini mengakibatkan tujuh kendaraan yang sedang diparkir rusak terkena hantaman trailer.

Marketing and Communication Department Head PT Jasa Marga (Persero) Irra Susiyanti, mengatakan bahwa truk mengalami rem blong sehingga kendaraan kehilangan kendali.

“Kemudian oleng dan terbalik dengan posisi roda kanan di atas dan menimpa tujuh kendaraan yang sedang terparkir di sekitar rest area tersebut,” ucapnya. dalam keterangan resmi (18/1/2020).

Sementara itu, Direktur Eksekutif Institut Studi Transportasi (Instran) Deddy Herlambang, mengatakan jika kejadian rem blong merupakan salah dampak negatif dari truk ODOL (over dimension dan over load).

“Sering terjadi kecelakaan di jalan tol, penyebabnya adalah truk ODOL. Truk ODOL dapat mengakibatkan rem tidak berfungsi sempurna dan akhirnya menabrak kendaraan di depannya lalu terguling,” ujarnya kepada Kompas.com belum lama ini.

Deddy juga mengatakan, kecelakaan truk ODOL tak hanya melibatkan kendaraan di depan atau belakangnya, tapi juga lingkungan di sekitarnya.

“Risiko truk ODOL bermacam-macam, mulai dari truk rem blong, ban truk pecah, as roda patah, suspensi patah, truk terguling, jalan cepat rusak, muatan atas menabrak jembatan (JPO/Viaduk), hingga kecepatan yang terbatas,” katanya.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/01/18/123856115/kontainer-rem-blong-di-tol-cipularang-truk-odol-banyak-masalah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke