Rasakan Beda Esensi Tracker dan Scrambler

Kompas.com - 26/12/2019, 08:42 WIB
Custom Yamaha V-Ixion Bergaya Neo Tracker, Mirip XSR155 IstimewaCustom Yamaha V-Ixion Bergaya Neo Tracker, Mirip XSR155

JAKARTA, KOMPAS.com - Skena kustom memiliki banyak aliran modifikasi, dua diantaranya ialah tracker dan scrambler. Keduanya juga mirip-mirip, dan karena modifikasi tidak punya ''sekat'' maka kadang sulit dibedakan.

Wahyu Diwa, builder dari Diwa Creative Studio di bilangan Depok, Jawa Barat, mengatakan, baik tracker dan scrambler mempunyai kesamaan karena ke dua duanya masih dalam genre dual purpose atau semi adventure.

Baca juga: Honda Tiger Scrambler Tracker Sederhana ala Bogel Garage

Yamaha R25 street trackerKatros Garage Yamaha R25 street tracker

"Ciri keduanya biasanya seperti ban yang di gunakan rata-rata dengan tampilan kasar layaknya enduro dengan setang lebar ala trail," kata Wahyu kepada Kompas.com, Rabu (25/12/2019).

Asal usul motor custom bergaya tracker berawal dari ajang balap flat track yang terkenal di Amerika Serikat sejak puluhan tahun yang lalu. Balapan yang dilakukan di atas pasir ini menggunakan ban semi off-road. 

Biasanya Tracker mempunyai single jok dan posisi duduk lebih tegak bagi pengendara. Ciri khas lain pada tracker ialah punya buntut yang meruncing yang seolah jadi antitesis dari buntut tawon pada cafe racer.

Baca juga: Detail Kawasaki W175 TR Bergaya Scrambler

Triumph Scrambler 1200 XE resmi meluncur di Indonesia, Minggu (24/2/2019)Kompas.com/Setyo Adi Triumph Scrambler 1200 XE resmi meluncur di Indonesia, Minggu (24/2/2019)

Adapun scrambler pada dasarnya sangat mirip dengan tracker, tetapi ground clearence scramber lebih tinggi untuk menghindari lumpur atau bahaya off road lainnya.

Scrambler juga menampilkan ban lebih menonjol untuk nuansa off road yang lebih baik. Sejak era 60-an produsen motor sudah membuat scrambler seperti Ducati Scrambler dan kini Kawasaki W175 TR.

"Perbedaan antara tracker dan scrambler ialah kalau tracker masih ok menggunakan knalpot dengan model di bawah, kalau scrambler esensinya silinser harus berada di atas ala motor enduro," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X