Waspada Angin Samping di Tol Layang, Begini Cara Melewatinya

Kompas.com - 11/12/2019, 11:41 WIB
Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II Elevated Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRJalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II Elevated

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek yang posisinya berada di atas beresiko terjadinya angin samping ( side wind). Kondisi ini tentu akan berbahaya untuk kendaraan apabila melaju dalam kecepatan tertentu.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Center (RDC), mengatakan, bahwa tol layang memang cukup beresiko terjadi angin samping yang dapat menjadi dangerous hazard.

Baca juga: Sopir Wajib Patuhi Rambu Lalu Lintas di Tol Layang Jakarta-Cikampek

"Sebaiknya selalu waspada pada areal sekitar. Lihat pergerakan pohon saat kita mengemudi, ini dapat mengindikasikan seberapa kuat anginnya," ujar Marcell, ketika dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek

Marcell menambahkan, bila terasa kendaraan bergeser karena angin samping, jangan panik dan jangan memutar kemudi secara tiba-tiba. Namun, kurangi kecepatan secara perlahan dan arahkan kemudi dengan lembut ke arah yang dituju.

"Jaga jarak aman lebih jauh. Beri jeda kendaraan kita dengan kendaraan di depan sebanyak 4 detik hingga 5 detik. Sehingga, kita memiliki ruang dan jarak yang cukup untuk bertindak dan berhenti apabila kendaraan di depan kita mengalami masalah karena angin samping," kata Marcell.

Baca juga: 17 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Melintas di Tol Layang Japek

Selain itu, Marcell juga menyarankan untuk para pengemudi yang melintas di Tol Layang untuk mengurangi kecepatan setidaknya 20 persen dari kecepatan maksimal, bila terjadi angin samping.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X