Sopir Wajib Patuhi Rambu Lalu Lintas di Tol Layang Jakarta-Cikampek

Kompas.com - 11/12/2019, 07:12 WIB
Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II Elevated Dokumentasi Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPRJalan Tol Layang Jakarta-Cikampek II Elevated

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendaraan yang melintas di Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek (Japek) akan dibatasi kecepatan maksimalnya. Namun, masih belum ada kejelasan mengenai batas kecepatan maksimal pada ruas tol tersebut.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kakorlantas Polri dan menetapkan untuk sementara batas kecepatan adalah 60 kilometer per jam (kpj).

Baca juga: Tol Layang Jakarta-Cikampek Harus Dilengkapi Rambu RPPJ

Namun, dari foto yang beredar, plang penunjuk yang dibuat oleh Waskita Karya mengatakan batas kecepatan maksimal adalah 40 kpj. Bahkan, dituliskan denda sebesar Rp 2.000.000 untuk setiap pelanggaran.

Batas kecepatan maksimal di Tol Layang Jakarta-CikampekIstimewa Batas kecepatan maksimal di Tol Layang Jakarta-Cikampek

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Fahri Siregar mengatakan, batas kecepatan paling tinggi nantinya dinyatakan oleh rambu lalu lintas.

"Atas pertimbangan keselamatan dan pertimbangan khusus lainnya, dapat ditetapkan batas kecepatan paling tinggi yang dinyatakan rambu lalu lintas," ujar Fahri, ketika dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Kapan Tol Layang Jakarta-Cikampek Mulai Bayar?

Sementara, Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Cucu Mulyana mengatakan, survei yang dilakukan Kemenhub membuktikan masih ada sedikit kekurangan soal perambuan.

"Mulai dari rambu batas kecepatan dan yang paling penting dan utama itu mengenai rambu pendahuluan pengarah jurusan (RPPJ)," kata Cucu kepada media, di Jakarta, beberapa waktu lalu.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X