Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lakukan Ini saat Bocor atau Pecah Ban di Jalan Tol Layang

Kompas.com - 10/12/2019, 13:38 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski kecepatan kendaraan dibatasi hanya 60 kilometer per jam (kpj), melaju di atas Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek perlu beberapa perhatian khusus. Apalagi, saat mobil mengalami masalah, seperti bocor atau pecah ban.

Sony Susmana, Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) mengatakan, saat ban mobil mengalami kebocoran, tentu tidak akan kempis seketika. Hal yang harus segera dilakukan adalah berhenti di bahu jalan.

Baca juga: Persiapkan Ini Sebelum Lewat Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek

"Selanjutnya, pasang segitiga pengaman dengan jarak 25 meter dari kendaraan. Keluarkan seluruh penumpang menjauh ke arah belakang kendaraan dan tunggu pertolongan," ujar Sony, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Progres Pembangunan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek 99,976 Persen, Rabu (4/12/2019).Rosiana Haryanti/Kompas.com Progres Pembangunan Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek 99,976 Persen, Rabu (4/12/2019).

Sementara jika pecah ban, Sony mengatakan, prosedurnya berbeda. Pengemudi jangan langsung menepikan kendaraannya. Namun, tahan kemudi ke arah depan.

"Hal yang perlu diingat adalah jangan pernah menginjak pedal gas, pedal rem, pedal kopling, atau bahkan menurunkan persneling ke gigi paling rendah," kata Sony.

Baca juga: Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek Jalani Uji Laik Fungsi

Sony menambahkan, pengemudi harus memahami, bahwa pecah ban sangat berakibat fatal. Pada kecepatan ideal 60 kpj sebenarnya kendaraan tersebut masih bisa dikontrol oleh pengemudi yang prima.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com