Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BPPT dan PLN Rangkul Swasta Demi Memajukan Kendaraan Listrik

Kompas.com - 17/10/2019, 08:22 WIB
Dio Dananjaya,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Bersama 20 perusahaan yang terlibat dengan Kerjasama Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan PLN melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

Dalam sambutannya, Plt Direktur Utama PT PLN Sripeni Inten Cahyani berkomitmen untuk mendorong Peraturan Presiden (Perpres) No. 55 Tahun 2019 yang telah diluncurkan Agustus lalu. MoU ini menjadi bukti konkret bentuk dorongan yang dilakukan oleh PLN.

Ada lima MoU yang ditandatangani pada Rabu 16 Oktober 2019, di antaranya soal pengembangan Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) berbasis baterai antara BPPT dan PT PLN.

Baca juga: Dilema SPKLU dan Populasi Mobil Listrik BMW

SPKLU PLN untuk Kendaraan Listrik SPKLU PLN untuk Kendaraan Listrik

Kemudian MoU kerjasama persiapan ekosistem SPKLU dengan penyedia transportasi umum, yang diinisiasi PLN dengan Blue Bird, Bakrie Autopart, MAB, Gojek, Grab, dan Transjakarta.

Selain itu juga ada kerjasama PLN dengan BUMN dalan hal penyediaan SPKLU, seperti Pertamina, Jasa Marga, Angkasa Pura 2, dan PT Pos Indonesia. Dan MoU dengan Usaha/Private Sector dalam hal penyediaan SPKLU seperti BCA, Lippo Mall, serta Taman Jaya Ancol.

Terakhir PLN juga menandatangani MoU kerjasama bundling produsen mobil listrik dengan Nissan, BMW, DFSK, Mitsubishi, Tesla, dan Gesits.

Baca juga: Custom Motor Listrik Jadi Tantangan untuk Para Builder

Plt. Direktur Utama PLN, Sripeni Inten memberikan sambutan saat acara penandatanganan MoU dengan perusahaan tentang SPKLU (Stasiun pengisian kendaraan listrik umum) di Jakarta, Rabu (16/10/2019). PT PLN Persero menggandeng 20 perusahaan dalam kerjasama percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan dan SPKLU. Kegiatan ini merupakan langkah nyata untuk menindaklanjuti Peraturan Presiden (PERPRES)
tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan Nomor 55 tahun 2019.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Plt. Direktur Utama PLN, Sripeni Inten memberikan sambutan saat acara penandatanganan MoU dengan perusahaan tentang SPKLU (Stasiun pengisian kendaraan listrik umum) di Jakarta, Rabu (16/10/2019). PT PLN Persero menggandeng 20 perusahaan dalam kerjasama percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan dan SPKLU. Kegiatan ini merupakan langkah nyata untuk menindaklanjuti Peraturan Presiden (PERPRES) tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan Nomor 55 tahun 2019.

“Kami PLN Persero siap mendukung program pemerintah dalam mengembangkan kendaraan berbasis listrik," kata Inten (16/10/2019).

"Sebagai bentuk komitmen PLN Persero untuk mendorong ekosistem kendaraan listrik hari ini menandatangani nota MoU sebanyak 22 buah dokumen dan merupakan langkah awal,” ucapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com