Kompas.com - 17/10/2019, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Bersama 20 perusahaan yang terlibat dengan Kerjasama Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan PLN melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

Dalam sambutannya, Plt Direktur Utama PT PLN Sripeni Inten Cahyani berkomitmen untuk mendorong Peraturan Presiden (Perpres) No. 55 Tahun 2019 yang telah diluncurkan Agustus lalu. MoU ini menjadi bukti konkret bentuk dorongan yang dilakukan oleh PLN.

Ada lima MoU yang ditandatangani pada Rabu 16 Oktober 2019, di antaranya soal pengembangan Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) berbasis baterai antara BPPT dan PT PLN.

Baca juga: Dilema SPKLU dan Populasi Mobil Listrik BMW

SPKLU PLN untuk Kendaraan Listrik SPKLU PLN untuk Kendaraan Listrik

Kemudian MoU kerjasama persiapan ekosistem SPKLU dengan penyedia transportasi umum, yang diinisiasi PLN dengan Blue Bird, Bakrie Autopart, MAB, Gojek, Grab, dan Transjakarta.

Selain itu juga ada kerjasama PLN dengan BUMN dalan hal penyediaan SPKLU, seperti Pertamina, Jasa Marga, Angkasa Pura 2, dan PT Pos Indonesia. Dan MoU dengan Usaha/Private Sector dalam hal penyediaan SPKLU seperti BCA, Lippo Mall, serta Taman Jaya Ancol.

Terakhir PLN juga menandatangani MoU kerjasama bundling produsen mobil listrik dengan Nissan, BMW, DFSK, Mitsubishi, Tesla, dan Gesits.

Baca juga: Custom Motor Listrik Jadi Tantangan untuk Para Builder

Plt. Direktur Utama PLN, Sripeni Inten memberikan sambutan saat acara penandatanganan MoU dengan perusahaan tentang SPKLU (Stasiun pengisian kendaraan listrik umum) di Jakarta, Rabu (16/10/2019). PT PLN Persero menggandeng 20 perusahaan dalam kerjasama percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan dan SPKLU. Kegiatan ini merupakan langkah nyata untuk menindaklanjuti Peraturan Presiden (PERPRES)
tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan Nomor 55 tahun 2019.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Plt. Direktur Utama PLN, Sripeni Inten memberikan sambutan saat acara penandatanganan MoU dengan perusahaan tentang SPKLU (Stasiun pengisian kendaraan listrik umum) di Jakarta, Rabu (16/10/2019). PT PLN Persero menggandeng 20 perusahaan dalam kerjasama percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan dan SPKLU. Kegiatan ini merupakan langkah nyata untuk menindaklanjuti Peraturan Presiden (PERPRES) tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan Nomor 55 tahun 2019.

“Kami PLN Persero siap mendukung program pemerintah dalam mengembangkan kendaraan berbasis listrik," kata Inten (16/10/2019).

"Sebagai bentuk komitmen PLN Persero untuk mendorong ekosistem kendaraan listrik hari ini menandatangani nota MoU sebanyak 22 buah dokumen dan merupakan langkah awal,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.