Toyota Indonesia Luluskan Siswa Siap Pakai

Kompas.com - 15/09/2019, 12:01 WIB
63 siswa Toyota Indonesia Academy (TIA) rayakan wisuda 63 siswa Toyota Indonesia Academy (TIA) rayakan wisuda
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota kembali mencetak sumber daya manusia ( SDM) di dunia manufaktur. Hal ini ditunjukan dengan lulusnya 63 wisudawan akademi manufaktur otomotif Toyota Indonesia Academy (TIA) yang dilaksanakan PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia ( TMMIN).

Para wisudawan yang lulus merupakan angkatan keempat jurusan Teknik Pemeliharaan Mesin Otomasi dan angkatan kesatu jurusan Tata Operasi Perakitan Kendaraan Roda 4. Mereka menerima predikat Diploma 1 (D1) dan Diploma 2 (D2) serta sertifikat keahlian berstandar nasional dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Presiden Direktur PT TMMIN Warih Andang Tjahjono, mengatakan TIA yang didirkan sejak 2015 lalu merupakan upaya Toyota dalam membangun dan mempersiapkan SDM manufaktur industri, dengan keterampilan tinggi dan menguasai teknologi yang merupakan nilai inti untuk meningkatkan daya saing industri otomotif.

Baca juga: Ini Mobil Ramah Lingkungan yang Akan Diproduksi TMMIN

“TIA adalah upaya kami mempersiapkan SDM yang mampu bersaing terutama dalam menghadapi perubahan termasuk revolusi industri 4.0. Lulusan TIA diharapkan mampu menjembatani teori dengan praktik kerja nyata sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi,” ujar Warih dalam keterangan resminya, Minggu (15/9/2019).

Kegiatan pratek di Toyota Indonesia AcademyOtomania/Setyo Adi Kegiatan pratek di Toyota Indonesia Academy

Sampai dengan sekarang, sebanyak 159 siswa lulusan TIA dari angkatan pertama hingga keempat telah terserap dengan baik di industri otomotif Indonesia. Selain menjadi bagian dari PT. TMMIN, lulusan TIA juga tersebar di perusahaan-perusahaan yang merupakan bagian dari rantai suplai otomotif.

TIA memiliki sistem pendidikan yang terencana dan terintegrasi dalam kurikulum yang dinamis yang tiap lima tahun akan ditinjau agar sesuai dengan perkembangan dan tuntutan industri. Bahkan juga sedapat mungkin dikaitkan dengan kurikulum di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

TIA juga dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang lengkap dan dosen yang kompeten. Selain itu, mahasiswa juga melakukan pemagangan kerja secara langsung (on the job training) di lini produksi PT TMMIN sebagai wujud link and match pendidikan vokasi dengan dunia industri.

Sertifikasi

Selain sertifikasi di TIA, di bawah lisensi BNSP, TMMIN mendirikan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang melakukan pengujian untuk skema kompetensi manufaktur otomotif. LSP TMMIN diperkaya dengan 56 trainers, 89 assessor dengan sertifikasi BNSP, dan Tempat Uji Kompetensi yang tersebar baik di TMMIN Learning Center.

Baca juga: Upaya TMMIN Memperkuat IKM Otomotif di Batu Ceper

63 siswa Toyota Indonesia Academy (TIA) rayakan wisuda 63 siswa Toyota Indonesia Academy (TIA) rayakan wisuda

Sejak tahun 2017 hingga bulan Juli 2019, sebanyak lebih dari 1.400 karyawan dan siswa vokasi di TMMIN telah meraih sertifikasi di 66 skema kompetensi. Secara prestasi, alumni TIA juga sudah banyak yang mengantongkan beragam penghargaan baik tingkat global sampai nasional.

"TIA harus terus konsisten untuk mentransfer pengetahuan dan teknologi dalam rangka eskalasi kemampuan SDM dalam kreativitas, inovasi, serta daya tanggap sehingga SDM TIA dapat bersaing dengan SDM global," kata Bob Azam Direktur, Administrasi, Corporate & External Affairs PT TMMIN.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X