Cerita Fitur Perintah Suara Wuling Almaz Bisa Bahasa Indonesia

Kompas.com - 22/07/2019, 18:02 WIB
Teknologi Wuling Indonesian Command (WIND) baru ada di varian terbaru Wuling Almaz.Kompas.com/Donny Teknologi Wuling Indonesian Command (WIND) baru ada di varian terbaru Wuling Almaz.


JAKARTA, KOMPAS.com - Wuling memperkenalkan fitur WIND (Wuling Indonesia Command) atau perintah suara dalam bahasa Indonesia pada model Almaz.

Fitur ini menarik karena menjadi satu-satunya perintah suara dengan bahasa Indonesia, berbeda dengan produk otomotif lain yang harus menggunakan perintah bahasa Inggris.

Menarik untuk menyimak, bagaimana Wuling mempersiapkan teknologi ini mengingat usia yang terbilang muda di Indonesia. Product Planning Wuling Motors Indonesia, Danang Wiratmoko menjelaskan bahwa pengembangan fitur ini sudah dilakukan dengan Wuling pusat di China.

"Pengembangannya dilakukan bersama dengan pihak Wuling pusat. Teknologi ini memang teknologi yang terus berkembang dan di Wuling pusat mereka punya pengalaman dalam mengembangkan teknologi ini," ucap Danang saat ditemui beberapa waktu lalu.

Danang menjelaskan, teknologi ini di Indonesia memang baru pertama kali dikenalkan. Wuling Indonesia sendiri terus memberikan input terkait pengembangan fitur WIND tersebut di masyarakat.

Baca juga: Beda Teknologi Perintah Suara Wuling dan DFSK

Wuling Almaz hadir dengan fitur WInd di GIIAS 2019Kompas.com / Setyo Adi Wuling Almaz hadir dengan fitur WInd di GIIAS 2019

Fitur WIND dipastikan memang dikembangkan untuk disematkan pada model Almaz. Untuk pasar Indonesia, beragam perintah dalam bahasa Indonesia disematkan sesuai riset pasar.

Brand Manager Wuling Motor Indonesia, Dian Asmahani mengungkapkan pengembangan WIND sejalan dengan rencana perkenalan Almaz ke Indonesia. Soal persiapan teknologi, mengingat di pusat Wuling sudah memiliki teknologi ini maka tinggal diadaptasi untuk Indonesia.

"Yang jelas kalau dari Wuling sendiri berkomitmen sebisa mungkin dan secepat mungkin teknologi yang dikembangkan oleh Wuling pusat bisa dibawa ke Indonesia ketika itu memang sesuai pasar Indonesia," ucap Dian.

Kembaran Almaz di India, MG Hector juga memiliki fitur ini sebagai standar. Di Indonesia, WIND hadir di semua varian Almaz.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X