Pelajaran Berharga Quartararo "Crash" di Sachsenring

Kompas.com - 08/07/2019, 12:02 WIB
Fabio QuartararoFoto: Twitter/Fabio Quartararo Fabio Quartararo

SACHSENRING, KOMPAS.com - Fabio Quartarato tergelincir dan jatuh di tikungan ketiga GP Jerman saat balapan baru berlangsung dua lap. Kejadian itu merupakan kali kedua dia gagal finis setelah pertama di GP Jerez, Spanyol karena terkendala masalah persneling.

Quartarato yang start dari posisi kedua melorot ke posisi ketujuh di lap pertama karena salah pindah gir saat start. Pebalap Yamaha Petronas SRT itu kemudian jatuh di lap kedua setelah berusaha menyalip Danilo Petrucci di tikungan panjang ke arah kanan.

Baca juga: Sembarang Isi BBM Bikin Umur Busi Lebih Singkat

"Saya membuat kesalahan. Di awal saya ketinggalan satu gigi di trek lurus dan tidak benar-benar mengerem seperti yang saya inginkan. Kemudian pada lap kedua saya mencoba menyalip Petrucci, tetapi saya sedikit ragu-ragu apakah akan melakukannya atau tidak," kata Quartararo kepada Crash.net, Senin (8/7/2019).

Karena ragu-ragu, lanjut Quartararo, dia akhirnya mengambil sudut yang salah. Motornya terlalu miring dan tidak dapat dikendalikan karena terlalu cepat, yang akhirnya membuat ban depan hilang traksi.

"Saya ragu-ragu apakah akan melakukannya atau tidak, dan akhirnya motor masuk dengan sudut terlalu curam, motor juga terlalu cepat dan saya kehilangan grip ban bagian depan," katanya.

Baca juga: Nol Poin Lagi, Alex Rins Akui Kesalahannya di Sachsenring

Quartararo mengaku menyesal, namun juga mendapat pelajaran berharga di Sachsenring yaitu jangan ragu ketika mau menyalip. Apalagi dia bertarung di kelas utama yang semuanya ialah pebalap top di masanya.

"Ya itu kesalahan pertama saya di balapan, kecelakaan pertama. Tapi saya belajar sesuatu hari ini, jangan ragu untuk menyalip. Bagi saya itu adalah pengalaman yang baik, jadi saya akan pergi dari sini dengan banyak hal untuk masa depan," kata pebalap asal Prancis itu.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X