Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/03/2019, 07:42 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ternyata tak semua bengkel resmi memiliki kualitas yang sama. Walau berstatuskan resmi mewakili sebuah merek tertentu, tapi soal hasil memuaskan dari hal pelayanan maupun pengerjaan bengkel antar cabang yang satu dengan yang lain bisa saja berbeda.

Kondisi ini diutarakan oleh Kepala Bengkel Auto2000 HR Muhammad Surabaya Andreas Totok Sugianto. Menurut pria yang pernah menyandang gelar The Best Service oleh Toyota Astra Motor (TAM) pada 2018 lalu, meski mendapat pelatihan bahkan sertifikasi yang sama, namun kondisi di lapangan bisa saja berbeda.

"Tidak semua authorized itu sama. Bisa saja karena pembinaan dari timnya yang tidak maksimal membuat teknisinya juga kurang pengetahuan, dari skill dan attitude juga tidak beres, itu bisa terjadi namanya manusia," ucap Totok kepada media beberapa waktu lalu.

Baca juga: Peran Lebih Bengkel Bagi Diler Auto2000

Menurut Totok, masalah kepuasan konsumen baik dalam pelayanan sampai perbaikan mobil di bengkel itu sangat penting. Karena dengan hasil yang baik, kondisi tersebut akan membuat konsumen nyaman dan selalu kembali datang menggunakan jasa yang sama.

Setidaknya ada tiga hal yang bisa dijadikan patokan guna menentukan bengkel resmi punya kualitas yang baik dalam hal pelayanan maupun pengerjaan. Ketiga hal yang dimaksud adalah pas, tuntas, dan pantas.

Ilustrasi perbaikan mobil Toyota di diler resmi.TAM Ilustrasi perbaikan mobil Toyota di diler resmi.
Maksud dari pas adalah bengkel resmi harus bisa memberikan kepastian kapan mobil konsumen yang dikerjakan bisa selesai. Ketepatan waktu, baik dari jam atau hari harus bisa diprediksi dan ditepati, dengan begitu konsumen bisa merasa puas.

Baca juga: Jurus Hansa Renkei Auto2000 demi Jaga Loyalitas Konsumen

"Untuk tuntas, artinya semua trouble pada mobil konsumen bisa terselesaikan, mekanik juga harus bisa berkomunikasi dengan pemilik mobil untuk mengetahui adanya keluhan lain, karena mobil kan tidak bisa bicara, jadi mekanik bertanya dengan pemilik mobil," ucap Totok.

Sedangkan maksud dari pantas sendiri adalah masalah harga. Artinya, harga yang dibayarkan konsumen harus sesuai dengan hasil yang diterima, dalam hal ini tentu perbaikan mobil sampai masalah suku cadang, dan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com