Peran Lebih Bengkel Bagi Diler Auto2000

Kompas.com - 22/03/2019, 08:02 WIB
Penulis Stanly Ravel
|

MALANG, KOMPAS.com - Meski saat ini sudah serba digital dan mulai menjamur diler-diler mobil online, tapi bicara bengkel resmi tetap tidak tergantikan. Fungsinya dalam memberikan layanan purna jual justru menjadi bisnis yang berkelanjutan.

Apalagi yang namanya perawatan mobil sudah menjadi sebuah keharusan bagi pemilik mobil yang ingin kendaraannya selalu terjaga, baik dari kondisi maupun resale value. Mulai dari servis berkala, perbaikan, sampai yang paling besar adalah pergantian suku cadang.

Andreas Totok Sugianto, selaku Kepala Bengkel Auto2000 HR Muhammad Surabaya, menjelaskan, bila peran bengkel saat ini bukan hanya bagian dari layanan purna jual, tapi juga memiliki potensi menjadi tulang punggung industri otomotif.

Baca juga: Jurus Hansa Renkei Auto2000 demi Jaga Loyalitas Konsumen

"Bisa juga disebut sebagai bisnis masa depan, jadi saat produknya tak mampu kompetitif dengan baik, aftersales lah bisa menjadi backbone dari bisnis otomotif," kata pria yang akrab disapa Totok ini kepada media, Rabu (20/3/2019).

Hal ini bukan menjadi kecapan semata, contoh seperti cabang Auto2000 HR Muhammad yang diklaim Totok mampu berkontribusi hingga Rp 3,4 miliar tiap bulannya. Jumlah tersebut didapat hanya dari bisnis bengkel dan terbilang cukup besar di Jawa Timur.

Layanan THS Auto2000 Layanan THS Auto2000
Meski demikian, Totok menjelaskan bukan berarti tahapan menyiapkan infrastruktur manajemen serta sumber daya manusianya (SDM) mudah. Butuh waktu yang tidak sebentar agar bisa mengelola bengkel yang "sehat" agar bisa menghasilkan profit yang baik.

Baca juga: Bukan Cuma Toyota, Auto2000 Juga Terima Servis Lexus

"Aftersales sekarang bagaimana agar bisa membiayai semua operationg cost dari cabang pada saat penjualan turun. Kalau dari cabang kami kontribusinya terhadap Jawa Timur 10 persen, dari jasa dan sparepart itu bisa sampai Rp 3,4 milar, sementar kalau dari sparepart saja bisa Rp 1,6 miliar sampai Rp 1,8 miliar tiap bulan, untuk fastmoving ya," ucap Totok.

Dengan pengolahan manajemen yang baik dan menerapkan sinergi Hansa Renkei, Auto2000 HR Muhammad selalu menempati urutan pertama dan kedua dari 23 cabang Auto2000 lainnya di Jawa Timur. Dengan menempati fasilitas yang tidak terlalu besar, tiap hari selalu dibanjiri para pelanggan dengan total rata-rata unit entry yang masuk untuk servis mencapai 113 unit per hari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.