Kompas.com - 04/08/2017, 13:42 WIB
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartanto, menunjuk Wintor sebagai mobil perdesaaan. Kendaraan perkebunan berjenis mini traktor produksi lokal PT Velasto Indonesia, anak usaha dari Astra Otoparts ini tengah disiapkan menyambut peluncuran mobil desa yang akan dihelat akhir Agustus mendatang.  

Direktur PT Velasto Indonesia Reiza Treistanto, menjelaskan, Wintor yang akan digunakan untuk mobil desa, nanti akan ada dua model. Saat ini unit sedang dalam tahap penyempurnaan.

Baca : Wintor, Wujud Nyata Proyek Mobil Perdesaan

"Dari kita itu ada dua, satu yang model penumpang, satu lagi yang diaplikasikan, ini model terbaru yang masuk dalam generasi kelima, jadi dalam satu platform bisa digunakan banyak fungsi. Saat ini sedang dalam pengembangan, kita harapkan akan lebih maksimal saat peluncuran nanti," kata Reiza saat dihubungi KompasOtomotif, Rabu 92/8/2017).

Secara dimensi, Wintor yang akan digunakan sebagai mobil desa memiliki panjang 3.350 mm, lebar 1.310 mm, tinggi 1.900 mm, serta ground clearance 200 mm. Berat kosong 650 kg untuk tipe bonnet, dan 700 kg untuk tipe semi bonnet.

Purwarupa Mobil Perdesaan WintorStanly/KompasOtomotif Purwarupa Mobil Perdesaan Wintor

Untuk sumber tenaga, Wintor menggunakan mesin diesel milik Kubota dengan kubikasi 550 cc yang mampu memproduksi daya sebesar 11 tk pada 2.400 rpm. Sistem kemudi di buat dengan rack and pinion yang memudahkan pengendalian, sedangkan pengereman ditunjang dengan cakram hidrolik baik di depan dan belakang.

Baca : IOI Bergeming Soal Kehadiran Wintor

Menurut Reiza, saat ini Wintor sedang disempurnakan melalui pemasangan roof, bodykit bagian belakang, sampai membuat konfigurasi kursi yang bisa melipat. Dengan model kursi tersebut, Wintor memiliki multi fungsi yang bisa diaplikasi sesuai keperluan di masing-masing desa.

Purwarupa Mobil Perdesaan WintorStanly/KompasOtomotif Purwarupa Mobil Perdesaan Wintor

"Saya pikir dengan banyak model akan semakin bagus. Kita tahu setiap desa punya kondisi infrastruktur yang berbeda, jadi dengan banyak pilihan kendaraan bisa disesuaikan mana yang cocok. Kita kejar pengembangan, untuk rencana peluncuran sendiri dari informasi akan dilakukan pada 25 Agustus di Solo, tapi nanti saat pameran di Tangerang kita juga bawa," ujar Reiza.

Rp 60 Jutaan

Sesuai ketentuan kisaran mobil perdesaan yang dicanangkan pemerintah, Wintor akan dipasarkan mulai dari Rp 60 jutaan. Tapi untuk kapan mulai dipasarkan, Reiza mengaku masih menunggu keputusan dari pihak menteri.

Purwarupa Mobil Perdesaan WintorStanly/KompasOtomotif Purwarupa Mobil Perdesaan Wintor

"Dengan platform yang multifungsi kita harapkan akan mendapat volume yang besar, dengan begitu Wintor menjadi lebih murah, tapi untuk model yang paling standar nanti itu harga mulai dari Rp 60 jutaan," kata Reiza.

PT Velasto Indonesia memproduksi Wintor secara lokal di fasilitas yang ada di Cikarang dengan kandungan 86 persen komponen lokal. Dalam satu tahun, untuk kapasitas produksi bisa mencapai 3.000 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.