Astra Mulai Ekspor Wintor ke Malaysia - Kompas.com

Astra Mulai Ekspor Wintor ke Malaysia

Stanly Ravel
Kompas.com - 28/07/2017, 16:11 WIB
Astra resmi memulai ekspor Wintor ke MalaysiaStanly/KompasOtomotif Astra resmi memulai ekspor Wintor ke Malaysia

Cikarang, KompasOtomotif - PT Astra Otoparts meresmikan ekspor perdana unit Wintor ke Malaysia. Mini traktor produksi lokal PT Velasto Indonesia ini dibuat untuk mengakomodasi kebutuhan kendaraan perkebunan, khususnya kelapa sawit.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, menjelaskan, bahwa dimulainya ekspor Wintor menjadi bukti bahwa produk otomotif Idonesia mempunyai daya saing.

Baca : Wintor, Kendaraan Khusus Sawit Buatan Astra

"Ini membuktikan produksi lokal, dengan komponen lokal, dan SDM lokal punya kualitas yang cukup baik. Tinggal bagaimana kedepannya terus berinovasi dan menjaga harga kompetitif," ucap Airlangga di sela-sela ekspor perdana Wintor di Cikarang, Jawa Barat, Jumat (28/7/2017).

Wintor diklaim memiliki banyak kelebihan untuk bermain di pasar internasional. Sedangkan Malaysia dipilih karena menjadi negara dengan perkebunan Kelapa sawit terluas kedua di dunia setelah Indonesia.

Penggunaan Wintor di perkebunan sawit diklaim mampu menekan biaya hingga 60 persen dibandingkan metode angkut manual. Meski diciptakan untuk mengangkut sawit, namun Wintor bisa juga diaplikasikan sebagai kendaraan angkut serbaguna melalui konversi yang bisa disesuaikan dengan ragam kebutuhan konsumen.

Ekspor perdana Wintor dilakukan dari Asta Otoparts Cikarang, Jawa BaratStanly/KompasOtomotif Ekspor perdana Wintor dilakukan dari Asta Otoparts Cikarang, Jawa Barat

Wintor diproduksi PT Velasto Indonesia di Cikarang dengan kapasitas 3.000 unit per tahun dan terus berkembang seiring permintaan pasar. Untuk ekspor perdana ke Malaysia sendiri unitnya masih terbatas, namun akan terus berlanjut hingga akhir tahun.

"Tahap awal kita empat unit, tapi berlanjut hingga beberapa gelombang nantinya," kata Direktur PT Velasto Indonesia Reiza Treistanto.

PenulisStanly Ravel
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM