Kandungan Komponen Lokal Wintor Sudah 86 Persen - Kompas.com

Kandungan Komponen Lokal Wintor Sudah 86 Persen

Stanly Ravel
Kompas.com - 28/07/2017, 17:42 WIB
Kandungan komponen lokal Wintor capai 86 persenStanly/KompasOtomotif Kandungan komponen lokal Wintor capai 86 persen

Cikarang, KompasOtomotif - Wintor resmi menjadi "mainan" baru Astra Otoparts di segmen perkebunan. Kendaran bergenre mini traktor yang diproduksi di fasilitas Cikarang, Jawa Barat, ini diklaim memiliki beberapa kelebihan yang sudah teruji sesuai fungsinya.

Bukan hanya diproduksi dalam negeri, namun kandungan komponen lokal yang digunakan pada Wintor juga cukup tinggi. Direktur PT Velasto Indonesia Reiza Treistanto, mengatakan setiap generasinya Wintor selalu mengalami perkembangan yang secara tidak langsung meningkatkan kandungan lokalnya.

"Memang belum 100 persen lokal, tapi untuk unit pada generasi baru yang ada saat ini sudah 86 persen nilai local content-nya. Kita harapkan nanti akan terus bertambah hingga bisa benar-benar semuanya lokal," ucap Reiza kepada media di Cikarang, Jawa Barat, Jumat (28/7/2017).

Baca : Astra Mulai Ekspor Wintor ke Malaysia

Dari keseluruhan komponen yang digunakan, menurut Reiza hanya bagian transmisi atau gearbox saja yang masih menggunakan produk impor. Sedagkan ketika ditanya alasannya, menurut Reza lebih dikarenakan nilai skala ekonomi yang belum masuk.

Wintor Mini Traktor kelapa sawit produksi Astra Otoparts Wintor Mini Traktor kelapa sawit produksi Astra Otoparts

Tidak hanya komponen lokal, secara desain, hingga proses pembuatan juga dilakukan langsung oleh para insinyur dari PT Velasco Indonesia, tanpa ada campur tangan dari pihak asing. Sedangkan untuk mesin dieselnya dipilih menggunakan buatan Kubota berkapaisitas 400 cc dengan tenaga 10 tk dengan maksud memberikan kemudahan.

"Alasana pakai mesin diesel karena untuk mengejar torsi sesuai kebutuhan untuk mengangkut, selain itu juga untuk memfasilitasi ketersediaan bahan bakar di daerah. Kalau kita pakai mesin bensin belum tentu ada BBM jenis Pertalite atau Pertamax di daerah-daerah, kasihan konsumennya," kata Reiza.

PenulisStanly Ravel
EditorAgung Kurniawan
Komentar
Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM