Negara Baru Masuk Kalendar MotoGP 2019

Kompas.com - 03/08/2017, 08:43 WIB
Layout KymiRing Finlandia untuk musim MotoGP 2019. Motorsport.comLayout KymiRing Finlandia untuk musim MotoGP 2019.
|
EditorAgung Kurniawan

Kymenlaakso, KompasOtomotif – Setelah Thailand, kini Finlandia yang resmi masuk kalendar MotoGP di musim 2019. Ini dideklarasikan setalah pemegang hak komersial Dorna menandatangani kontrak lima tahun, untuk menyelenggarakan balap di KymiRing.

Sirkuit baru yang terletak di Iitti, semula bakal menyelenggarakan MotoGP lebih cepat atau tahun depan, tapi karena Thailand menyodok lebih dulu dan mulai bergabung pada musim 2018, Finlandia harus kembali ke rencana awal di 2019.

KymiRing memiliki trek sepanjang 4,8 km dengan 15 tikungan, merupakan satu-satunya sirkuit di Eropa Utara. Pihak penyelenggara memperkirakan, kalau penonton yang akan hadir mencapai 100.000 orang untuk menyaksikan laga MotoGP.

Lintasannya sendiri dirancang oleh mantan pembalap F1 melaui perusahaannya Alex Wurz Test & Training Company, di mana saat ini masih dalam proses pembangunan.

"Dengan senang hati kami mengumumkan kesepakatan yang telah kami lakukan dengan KymiRing, di mana saat ini pembangunan masih sedang berjalan. Kami mengusulkan kepada FIM memasukkan FInalndia di kalender MotoGP musim 2019,” ujar Carmelo Ezpeleta, CEO Dorna mengutip Motorsport.com, Rabu (2/8/2017).

Kesepakatan ini menandakan kembalinya kejuaraan balap dunia ke Finlandia untuk pertama kalinya sejak 1982, yang pada saat itu diselenggarakan di sirkuit Imatra.

"Kontrak lima tahun yang dibuat dengan Dorna Sports memiliki dampak signifikan, tidak hanya pada motorsport Finlandia, tapi juga untuk semua lini negeri ini," tutur Kari O. Sohlberg, Chairman KymiRing.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X