Selisih Harga E-Class Lokal dan CBU sampai Puluhan Juta Rupiah?

Kompas.com - 25/01/2017, 08:42 WIB
All New Mercedes-Benz E-Class Rakitan Wanaherang Stanly/KompasOtomotifAll New Mercedes-Benz E-Class Rakitan Wanaherang
Penulis Stanly Ravel
|
EditorAgung Kurniawan

Jakarta, KompasOtomotif - Mercedes-Benz Indonesia kembali merakit secara lokal generasi terbaru E-Class di pabrik Wanaherang, Bogor. Seperti biasa, dengan skenario ini secara harga umumnya akan lebih murah dibandingkan versi All New E-Class versi completely build up (CBU).

Lantas, berapa selisih harga antara E-Class CBU dan rakitan Wanaherang. Hari Arifianto, Deputy Director Marketing Communication MBI Hari Arifianto, menerangkan bahwa memang biasanya ada perbedaan, tapi hal tersebut belum mau diinformasikan saat ini.

"Harga akan diumumkan di IIMS, April mendatang. Kalau melihat dari beberapa model yang sudah dirakit lokal, memang harga lebih rendah dibandingkan CBU, karena ada pajak yang ditekan, tapi belum bisa kami sebut," ucap Hari kepada KompasOtomotif di sela-sela seremoni E-Class, Selasa (24/1/2017).

Mercy GLC yang pada akhir 2016 lalu dirakit lokal juga lebih murah dibandingkan versi CBU, selisih harganya mencapai Rp 40 juta. Bahkan beberapa model lainnya ada yang sampai Rp 50 juta lebih.

Stanley R/KompasOtomotif Mercedes-Benz Indonesia merakit dua varian, yakni E 250 Avantgarde dan E 300 AMG.

Menanggapi hal ini, Hari menjelaskan dengan dirakit lokal tidak serta-merta membuat harga E-Class jauh lebih murah. Karena selain ada pengembangan, hal tersebut juga tergantung dari fitur-fitur yang nantinya digunakan.

"Kalau ada improvement atau investasi dalam bentuk fitur lainnya tentu ada hitungan lagi. Intinya kami berharap bisa lebih kompetitif dan bisa memberikan benefit lebih bagi konsumen," kata Hari.

Sekadar informasi, All New Mercedes-Benz E-Class versi CBU dipasarkan sebesar Rp 1,179 miliar hingga 1,379 milar off the road Jakarta. Bila versi CKD sudah resmi dipasarkan, MBI akan stop jualan model CBU.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.