Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Selisih Harga E-Class Lokal dan CBU sampai Puluhan Juta Rupiah?

Kompas.com - 25/01/2017, 08:42 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Mercedes-Benz Indonesia kembali merakit secara lokal generasi terbaru E-Class di pabrik Wanaherang, Bogor. Seperti biasa, dengan skenario ini secara harga umumnya akan lebih murah dibandingkan versi All New E-Class versi completely build up (CBU).

Lantas, berapa selisih harga antara E-Class CBU dan rakitan Wanaherang. Hari Arifianto, Deputy Director Marketing Communication MBI Hari Arifianto, menerangkan bahwa memang biasanya ada perbedaan, tapi hal tersebut belum mau diinformasikan saat ini.

"Harga akan diumumkan di IIMS, April mendatang. Kalau melihat dari beberapa model yang sudah dirakit lokal, memang harga lebih rendah dibandingkan CBU, karena ada pajak yang ditekan, tapi belum bisa kami sebut," ucap Hari kepada KompasOtomotif di sela-sela seremoni E-Class, Selasa (24/1/2017).

Mercy GLC yang pada akhir 2016 lalu dirakit lokal juga lebih murah dibandingkan versi CBU, selisih harganya mencapai Rp 40 juta. Bahkan beberapa model lainnya ada yang sampai Rp 50 juta lebih.

Stanley R/KompasOtomotif Mercedes-Benz Indonesia merakit dua varian, yakni E 250 Avantgarde dan E 300 AMG.

Menanggapi hal ini, Hari menjelaskan dengan dirakit lokal tidak serta-merta membuat harga E-Class jauh lebih murah. Karena selain ada pengembangan, hal tersebut juga tergantung dari fitur-fitur yang nantinya digunakan.

"Kalau ada improvement atau investasi dalam bentuk fitur lainnya tentu ada hitungan lagi. Intinya kami berharap bisa lebih kompetitif dan bisa memberikan benefit lebih bagi konsumen," kata Hari.

Sekadar informasi, All New Mercedes-Benz E-Class versi CBU dipasarkan sebesar Rp 1,179 miliar hingga 1,379 milar off the road Jakarta. Bila versi CKD sudah resmi dipasarkan, MBI akan stop jualan model CBU.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com