Kompas.com - 07/04/2014, 18:55 WIB
|
EditorAris F. Harvenda

Huntley, KompasOtomotif — Berkendara dengan aksesori pendukung lengkap pada siang hari yang terik, bagi kebanyakan "biker", ibarat "dipanggang matahari". Rasa gerah yang timbul mengganggu kenyamanan selama perjalanan. Lebih bahaya lagi jika itu sudah mengurangi konsentrasi berkendara.

Masalah ini yang mendasari produsen aftermarket asal Inggris, Ventz, untuk menciptakan solusi berupa peranti yang berperan sebagai ventilasi tambahan pada jaket. Diberi nama yang sama, produk ini sebenarnya dibuat berdasarkan ide sederhana, yaitu berupa tabung yang melonggarkan jaket dari pergelangan tangan. Udara yang masuk ke dalam lalu menyebar ke seluruh bagian. Hasilnya bisa menurunkan temperatur hingga 25 persen.

Motorbiker Ragam warna Ventz

Beberapa jaket khusus pesepeda motor memang telah dilengkapi ventilasi udara. Namun, Ventz mengatakan bahwa itu belum cukup karena peredaran atau aliran udara di dalam kurang lancar. Efeknya, aliran yang kurang lancar tersebut menyebabkan udara terperangkap sehingga menyisakan lembab, dan biker cenderung kegerahan.

Mulut Ventz membuka ke arah depan, membuat banyak aliran udara bisa mengalir masuk seiring dengan bertambahnya kecepatan. Produk ini sudah dipatenkan, lolos uji kualitas Inggris dan AS, serta anti-serangga. Masih ada lagi, garansi 3 tahun bila terjadi kerusakan.

Di Inggris, Ventz dibanderol Rp 375.000. Tersedia banyak pilihan warna sehingga biker yang sangat peduli penampilan bisa mencocokannya dengan warna jaket. 

Begini cara kerja Ventz.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.