Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peranti Anti-gerah Buat "Biker"

Kompas.com - 07/04/2014, 18:55 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Huntley, KompasOtomotif — Berkendara dengan aksesori pendukung lengkap pada siang hari yang terik, bagi kebanyakan "biker", ibarat "dipanggang matahari". Rasa gerah yang timbul mengganggu kenyamanan selama perjalanan. Lebih bahaya lagi jika itu sudah mengurangi konsentrasi berkendara.

Masalah ini yang mendasari produsen aftermarket asal Inggris, Ventz, untuk menciptakan solusi berupa peranti yang berperan sebagai ventilasi tambahan pada jaket. Diberi nama yang sama, produk ini sebenarnya dibuat berdasarkan ide sederhana, yaitu berupa tabung yang melonggarkan jaket dari pergelangan tangan. Udara yang masuk ke dalam lalu menyebar ke seluruh bagian. Hasilnya bisa menurunkan temperatur hingga 25 persen.

Motorbiker Ragam warna Ventz

Beberapa jaket khusus pesepeda motor memang telah dilengkapi ventilasi udara. Namun, Ventz mengatakan bahwa itu belum cukup karena peredaran atau aliran udara di dalam kurang lancar. Efeknya, aliran yang kurang lancar tersebut menyebabkan udara terperangkap sehingga menyisakan lembab, dan biker cenderung kegerahan.

Mulut Ventz membuka ke arah depan, membuat banyak aliran udara bisa mengalir masuk seiring dengan bertambahnya kecepatan. Produk ini sudah dipatenkan, lolos uji kualitas Inggris dan AS, serta anti-serangga. Masih ada lagi, garansi 3 tahun bila terjadi kerusakan.

Di Inggris, Ventz dibanderol Rp 375.000. Tersedia banyak pilihan warna sehingga biker yang sangat peduli penampilan bisa mencocokannya dengan warna jaket. 

Begini cara kerja Ventz.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com