Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rayakan Ultah, Brotherhood Janji Tak Bikin Macet Kota Bandung

Kompas.com - 11/06/2015, 13:42 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis

Bandung, KompasOtomotif – Berbeda dengan biasanya, dalam peringatan ulang tahun ke-27 Bikers Brotherhood Motorcycle Club (BBMC) Indonesia tidak menggelar konvoi di jalan. Hal ini dilakukan untuk menjaga jalanan kota Bandung yang padat agar tetap kondusif.

“Kita tahu, jalanan di Kota Bandung setiap akhir pekan pasti padat. Karena itu, kami tidak ingin mengganggu kepentingan umum dengan konvoi di jalan. Kami capek dengan stigma negatif. Kami ingin mewujudkan nilai positif,” ujar Vice President West Java Chapter BBMC Indonesia, Dede Edun kepada KompasOtomotif, Kamis (11/6/2015).

Kegiatan akan difokuskan di Gedung Persediaan PT KAI Cikudapateh, Jalan Sukabumi, Bandung. Ada beberapa kegiatan yang disiapkan. Seperti di hari pertama akan dihadirkan performa budaya tiap chapter, lalu penampilan beberapa band, di antaranya Brother Jack, Humanik, Freak, Belle N Brother’s, Time Bomb, Dc 101 Blues, dan Regeren.

Selain penampilan band, akan digelar bike show, photo contest, dan lempar pisau. “Di hari pertama kami juga memberikan penghargaan Life Time Achievement sekaligus peluncuran buku Bikers Brotherhood,” tutur Dede. Di hari kedua, acara akan dimeriahkan sejumlah band seperti Baby Rock, Bohemian, dan Bandy Harmony.

Sementara itu, Committee BBMC Indonesia, Reza Pamungkas menjelaskan, tidak adanya konvoi dalam perayaan ultah ke-27 tidak akan mengurangi makna milad itu sendiri. Yakni menegakkan rasa kebersamaan dan rasa persaudaraan yang diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Karena dalam pikiran BBMCI, benteng pertahanan terakhir negara ini adalah persaudaraan.

“Jika selama ini ada anggapan BBMCI adalah geng motor yang isinya orang-orang dungu dan urakan, jelas salah besar!,” tuturnya.

Reza menjelaskan, BBMCI tetap memiliki agenda konvoi namun tidak dalam perayaan ulang tahun kali ini. Beberapa tahun lalu BBMCI pernah konvoi yang melibatkan banyak bikers. Saking panjangnya, ekor konvoi ada di daerah Simpang Lima, dan kepalanya ada di sekitar Braga.

Selain itu, dalam peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) kemarin, BBMCI ikut terlibat dengan menurunkan 100 bikers bersama motornya sambil membawa bendera KAA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com