Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puluhan Ribu "Bikers" Bakal Riuhkan Hari Jadi Brotherhood di Bandung

Kompas.com - 11/06/2015, 13:09 WIB
Kontributor Bandung, Reni Susanti

Penulis


Bandung, KompasOtomotif — Setelah melalui perbincangan panjang, ulang tahun ke-27 Bikers Brotherhood Motorcycle Club (BBMC) Indonesia akhirnya akan digelar di kota kelahirannya, Bandung. Acara puncak akan digelar pada Sabtu-Minggu (13-14 Juni 2015) di Gedung Persediaan PT KAI Cikudapateh, Jalan Sukabumi, Bandung.

“Kalau perkirakan sekitar 20.000 bikers akan hadir dalam peringatan ultah Brotherhood kali ini. Bagi rekan bikers dari komunitas apa pun yang undangannya belum tersampaikan, lewat media kami mengundang. Mari bergabung besama kami,” ujar Committee BBMC, Reza Pamungkas, kepada KompasOtomotif di Bandung, Kamis (11/6/2015).

Reza mengatakan, dalam event sebelumnya, sebanyak 20.000 bikers menghadiri acara yang diselenggarakan Brotherhood. Karena itu, diyakini dalam acara ini pun sebanyak 20.000 bikers akan hadir. Bahkan, dari konfirmasi undangan yang diterima panitia, bukan hanya bikers dari Indonesia yang hadir. Bikers dari Australia, Singapura, dan Belanda pun siap merapat untuk hadir.

“Selain di Indonesia, anggota kami tersebar di Amerika Serikat, Inggris, hingga Jeddah. Bagi yang memungkinkan menggunakan motor ke Bandung, mereka akan gunakan motor. Bagi yang lokasinya jauh, mereka akan menggunakan pesawat,” tutur Reza.

Diakui Reza, Bandung dipilih sebagai tempat perayaan setelah melalui pemikiran yang panjang. Sejumlah chapter menawarkan kotanya untuk dijadikan lokasi pelaksanaan peringatan ultah. Namun, akhirnya panitia memutuskan Bandung dengan berbagai alasan, salah satunya kesesuaian dengan tema yang diangkat, yakni "Pride to Ride the Heritages…to Keep & Immortalize Our Precious Legacy…".

“Itulah mengapa kami mengambil Gedung Persediaan PT KAI sebagai lokasi tempat. Selain karena lokasinya bisa menampung 20.000 bikers, lokasi ini merupakan warisan yang harus dijaga serta dilestarikan,” ungkap Reza.

Ketua Panitia Ultah ke-27 BBMCI, Pegy mengungkapkan, lewat tema tersebut, pihaknya mengajak diri sendiri dan seluruh masyarakat Indonesia untuk menghargai, merawat, dan menjaga nilai-nilai sejarah serta warisan budaya yang ada di Indonesia. Tujuannya, agar abadi di Tanah Air Indonesia.

Selama ini, sambung Pegy, BBMCI berhasil merawat dan menjaga motor-motor klasik milik mereka. Semangat itu harus ditularkan dengan merawat, menjaga, dan melestarikan gedung-gedung tua kebanggaan Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com