Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Suzuki Luncurkan Mobil Listrik di Indonesia?

Kompas.com - 14/08/2024, 16:01 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyaknya gempuran dari produsen asal China yang bermain di segmen kendaraan listrik, tidak membuat Suzuki segera beralih untuk memboyong kendaraan elektrifikasi lainnya ke Indonesia.

Sebagai informasi, saat ini Suzuki baru menjual kendaraan bensin dan mild hybrid, meliputi model Ertiga, XL7, dan Grand Vitara.

Suzuki baru memperkenalkan kendaraan listrik murni pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, melalui model eVX yang memulai debut di global belum lama ini.

Baca juga: China Kuasai Pasar Mobil Listrik Global Juli 2024

Kabarnya versi produksi dari eVX baru akan meluncur di global pada Januari 2025 mendatang. Lantas, adakah keinginan Suzuki untuk memboyong model listrik tersebut ke Indonesia?

“Suzuki secara strategi multipathway menuju Net Zero Carbon Emission dan kendaraan BEV menjadi salah satunya, seperti konsep yang kami tampilkan saat GIIAS yang lalu,” ucap Dony Ismi Himawan Saputra, Deputy Managing Director 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), saat dihubungi belum lama ini.

Mobil konsep Suzuki eVX hadir di GIIAS 2024KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Mobil konsep Suzuki eVX hadir di GIIAS 2024

“Dengan komitmen positif yang kami pegang tersebut, tentu arah bisnis Suzuki akan konsisten menghadirkan produk-produk ramah lingkungan, seperti hybrid sebagai salah satunya,” lanjutnya.

Namun, ketika ditanya lebih lanjut pihak Suzuki belum bisa memastikan kapan akan membawa eVX ke Tanah Air.

“Untuk timing tunggu info dari kami lebih lanjut,” kata Dony.

Sebagai informasi, Suzuki eVX bakal dibekali dengan baterai berkapasitas 60 kWh. Baterai ini diklaim mampu menghasilkan jarak tempuh sejauh 550 Km. eVX juga dikabarkan bakal menggabungkan DNA 4x4 milik Suzuki.

Mobil sport utility vehicle (SUV) listrik dari Suzuki ini juga merupakan produk kerja sama dengan Toyota. Sehingga akan tersedia juga mobil listrik berbasis sama dengan merek Toyota yang diberi nama SUV Urban Concept.


Bicara soal tampilan, mobil listrik konsep Suzuki ini memiliki dimensi panjang seperti SX4 S-Cross. Hanya saja tampangnya lebih modern dan futuristis layaknya kendaraan masa depan.

Baca juga: Salah Pilih Oli Mesin Bisa Bikin Mobil Lebih Boros BBM

Hal ini terlihat dengan fascia depan yang dibuat sederhana, dipadukan dengan tampilan lampu LED berbentuk V yang terlihat begitu agresif.

Sayangnya, Suzuki belum mengungkapkan semua detail seputar kendaraan konsep ini, termasuk pada bagian interior.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau