Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Zeekr 001 FR, Mobil Listrik yang Terinspirasi Kimi Raikkonen

Kompas.com - 17/09/2024, 09:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

 

NINGBO, KOMPAS.comZeekr memastikan bakal meluncurkan dua model yaitu Zeekr X dan Zeekr 009 di Indonesia pada akhir tahun 2024. Keduanya bakal masuk di segmen mobil listrik premium.

Selain dua model tersebut, Zeekr sebetulnya punya beberapa model lain yang menarik, salah satunya shooting brake ekstrem Zeekr 001 FR. Sesuai namanya mobil ini merupakan versi performa tinggi dari Zeekr 001.

Baca juga: Duta Apparel Ini Traktir Helm buat Pengunjung IMHAX 2024

Konsepnya kurang lebih mirip dengan divisi N pada Hyundai. Sebagai merek yang baru tumbuh, Zeekr 001 FR bisa disebut sebagai pembuktian Zeekr punya model yang bukan “kaleng-kaleng.”

Zeekr 001 FRFoto: Zeekr Zeekr 001 FR

Zeekr 001 FR pertama kali meluncur di China pada September 2023.

Rey Gao, instruktur Zeekr yang Kompas.com temui di Sirkuit Internasional Ningbo, China, mengatakan, pengembangan mobil ini mendapat masukan dari Kimi Räikkönen.

Juara Dunia F1 2007 itu bekerja sama dengan para insinyur Zeekr untuk memberikan Zeekr 001 FR penyetelan terbaik yang memungkinkannya tampil sempurna.

Hasilnya, di mobil ini ada Mode Räikkönen yang menawarkan fitur-fitur yang dapat membuat pengemudi dapat memacu hingga batas maksimal.

Baca juga: Komunitas Mobil Listrik Koleksi Rayakan Hari Jadi ke-3

 

Zeekr 001 FRFoto: Top Gear Zeekr 001 FR

Secara desain, Zeekr 001 FR masih terpengaruh dari Zeekr 001 namun dibekali dengan spoiler dan sayap belakang yang agresif.

Bodi dibuat aerodinamis dengan meminimalkan hambatan udara sehingga meningkatkan efisiensi energi. Garis-garis tegas dan lekukan yang dinamis ini memberikan kesan sporty dan agresif.

Kabinnya juga dibuat sporty, gabungan antara kulit dan alcantara yang dipadu layar sentuh besar, sistem infotainment yang intuitif, dan sistem suara berkualitas tinggi.

Baca juga: Rasanya Duduk di Kursi Penumpang Mobil Listrik Zeekr X

 

Zeekr 001 FRFoto: Top Gear Zeekr 001 FR

Sebagai hothatch, Zeekr 001 FR dibekali dengan motor listrik bertenaga tinggi yang menghasilkan tenaga hingga 1.265 Tk, membuatnya menjadi salah satu mobil listrik tercepat di dunia.

Mobil ini ditenagai dua buah motor listrik dengan tenaga 155 kW. Sedangkan pada bagian belakang, ada dua buah motor listrik bertenaga 310 kW.??Klaim pabrikan Zeekr 001 FR mampu melesat dari 0 hingga 100 km/jam dalam waktu yang sangat singkat.

Mobil lima penumpang ini menawarkan berbagai mode berkendara yang dapat disesuaikan dengan preferensi pengemudi, mulai dari mode comfort hingga mode sport ekstrem.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau