Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

China Kuasai Pasar Mobil Listrik Global Juli 2024

Kompas.com - 14/08/2024, 13:21 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penjualan kendaraan listrik secara global mengalami kenaikan 21 persen secara tahunan (year on year/yoy) pada Juli 2024.

Mobil listrik berjenis battery electric vehicle (BEV) serta plug in hybrid electric vehicle (PHEV) yang terjual selama periode dimaksud mencapai 1,35 juta unit.

Data tersebut merupakan hasil akumulasi yang dikumpulkan firma pasar Rho Motion dilansir Reuters pada Senin (12/8/2024). Dari hasil ini, menariknya produk China mendominasi penjualan yaitu sekitar 800.000 unit.

Baca juga: Mobil Listrik Terlaris Juli 2024, BYD Geser Wuling dan Hyundai

MG 4 EV di GIIAS 2024.GIIAS 2024 MG 4 EV di GIIAS 2024.

Manajer Data Rho Motion Charles Lester menjelaskan pasar Eropa tengah mengalami penurunan paling parah lantaran adanya aturan baru berupa kenaikan tarif sementara untuk mobil listrik China.

Alhasil, merek blasteran MG Motor yang kini dimiliki Shanghai automotive Industry Corporation (SAIC) terpukul, termasuk BYD.

Untuk diketahui, Uni Eropa memberlakukan tarif sementara mulai Juli 2024 untuk mobil listrik yang diimpor dari China. Secara terperinci, BYD dikenakan tarif bea masuk 17,4 persen, Geely 19 persen, dan SAIC 37,6 persen.

Lebih jauh, BYD, produsen mobil listrik terbesar asal China melaporkan peningkatan penjualan BEV dan PHEV global masing-masing sebesar 13 persen dan 44 persen pada periode yang sama.

Baca juga: Beli Motor Bekas, Jangan Tergiur Hanya pada Bodi Mulus

Bertempat di Thailand International Motor Expo 2023 ke-40 yang berlangsung di Impact Muang Thong Thani, Bangkok, SAIC Motor-CP dan MG Sales (Thailand) resmi meluncurkan dua mobil listrik terbaru, yaitu MG Cyberster dan IM LS6.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Bertempat di Thailand International Motor Expo 2023 ke-40 yang berlangsung di Impact Muang Thong Thani, Bangkok, SAIC Motor-CP dan MG Sales (Thailand) resmi meluncurkan dua mobil listrik terbaru, yaitu MG Cyberster dan IM LS6.

Di Eropa, penjualan bulanan turun 7,8 persen pada bulan Juli 2024, ke angka tahun berjalan yang sejalan dengan tahun 2023. Dalam tujuh bulan hingga Juli, penjualan turun 12 persen di Jerman sebagai pasar monil litrik terbesarnya.

Sementara penjualan mobil listrik di Amerika Serikat dan Kanada, naik 7,1 persen pada bulan Juli.

"BYD terus mencatatkan rekor penjualan plug-in hybrid lagi bulan ini, yang menjadi kontributor utama karena mereka memiliki volume kendaraan yang besar yang mereka jual", kata Lester.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Selamat, Kamu Pembaca Terpilih!
Nikmati gratis akses Kompas.com+ selama 3 hari.

Mengapa bergabung dengan membership Kompas.com+?

  • Baca semua berita tanpa iklan
  • Baca artikel tanpa pindah halaman
  • Akses lebih cepat
  • Akses membership dari berbagai platform
Pilihan Tepat!
Kami siap antarkan berita premium, teraktual tanpa iklan.
Masuk untuk aktivasi
atau
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com
atau