Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Mau Semua Model Jadi Hybrid, Sinyal Avanza HEV?

Kompas.com - 21/03/2024, 04:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Indonesia berencana untuk membenamkan teknologi hibrida atau hybrid electric vehicle (HEV) yang lebih ramah lingkungan pada semua jajaran produk yang sudah dipasarkan.

Langkah tersebut sejalan dengan target netralitas karbon Indonesia di 2060, sebagaimana telah ditargetkan Pemerintah RI melalui Paris Agreement.

"Kita terus berusaha membuat semua model ada hybrid-nya, mulai dari yang premium dulu, kemudian Kijang Innova Zenix, Yaris Cross, dan lainnya," kata Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Nandi Julyanto di Jakarta, Selasa (19/3/2024).

Baca juga: Toyota Mulai Serius Ramaikan Pasar BEV Nasional 2026

Booth Toyota di IIMS 2024TAM Booth Toyota di IIMS 2024

Wakil Presiden PT Toyota Astra Motor (TAM) Henry Tanoto juga menyatakan hal serupa. Dalam dua tahun ke depan, Toyota akan meluncurkan sederet produk elektrifikasi lengkap di Tanah Air meliputi HEV, PHEV, dan BEV.

Pernyataan tersebut semakin menguatkan sinyal kehadiran Avanza-Veloz HEV yang santer ramai dibincangkan di tengah para pencinta otomotif nasional beberapa tahun belakangan.

Hanya saja dalam kesempatan terkait, pihak Toyota Indonesia masih enggan mengungkapkan model kendaraan listrik barunya.

"Persiapan (pabrik untuk menyambut produk kendaraan listrik baru) apa? Belum belum," ucap Wakil Direktur TMMIN Bob Azam ketika dikonfirmasi dalam kesempatan terpisah.

Baca juga: Alasan Toyota Indonesia Tetap Impor Double Cabin dari Thailand

Toyota Innova Zenix di IIMS 2024Kompas.com/Daafa Alhaqqy Toyota Innova Zenix di IIMS 2024

"Mengenai insentif tambahan mobil hybrid, kita masih menunggu ya dari sisi pemerintah supaya (produk terkait) lebih terjangkau. Artinya dapat menurunkan penggunaan BBM yang signifikan" lanjut dia.

Apabila mengacu pernyataan Bob sebelumnya, pihaknya mengakui akan ada produk mobil hybrid yang lebih murah dalam waktu dekat. Jadi, masyarakat lebih banyak berkontribusi mengurangi emisi.

"Kalau hybrid kita upayakan semuanya akan produksi Indonesia. Kita memulai dari Kijang Innova karena memang benar-benar sudah dikenal masyarakat, kemudian B SUV. Nanti akan ke model-model mobil sejuta umat, itulah yang kita lakukan," katanya saat ditemui di Park Hyatt, Jakarta, Kamis (7/9/2023).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com