Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Husqvarna Luncurkan Svartpilen 801, Tenaga Tembus 100 TK

Kompas.com - 20/03/2024, 20:41 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Husqvarna resmi merilis versi paling garang dari Svartpilen, yakni Svartpilen 801. Memakai mesin yang sama dari saudaranya yaitu KTM Duke 790, motor ini dibanderol 10.499 Poundsterling atau sekitar Rp 208 juta.

Dikutip dari Motorcyclenews, mesin 799cc LC8 dua silinder segaris menghasilkan tenaga 105 TK dan torsi 86,7 Nm. Lebih bertenaga dari Duke 790 yang jadi basisnya, cuma 95 TK.

Baca juga: Luhut Sebut Pabrik BYD di Indonesia Mulai Beroperasi 2026

 

Husqvarna Svartpilen 801MOTORCYCLENWES Husqvarna Svartpilen 801

Secara tampilan, Svartpilen 801 mengambil banyak desain dari model 401 yang meluncur lebih dulu. Jadi kelihatan agresif dengan lampu depan baru, windshield kecil serta adanya layar instrumen baru, kelihatan retro modern.

Pada bagian kaki-kaki, suspensi memakai model WP Apex dan rodanya model dual purpose, kemungkinan rasa berkendaranya akan ringan dan lincah.

 

Husqvarna Svartpilen 801MOTORCYCLENEWS Husqvarna Svartpilen 801

Jadi motor paling besar di Svartpilen, tentu dibekali juga dengan fitur yang melimpah. Termasuk ada mode Supermoto yang mematikan ABS belakang, jadi bisa mengerem sambil mengesot.

Lalu dipasang juga cornering ABS, kendali traksi yang membaca kemiringan motor, sampai quick shifter jadi standar. Layar instrumen yang baru tadi juga bisa terhubung ke telepon pintar, jadi ada navigasinya dengan map.

Baca juga: Husqvarna Vitpilen dan Svartpilen Baru Meluncur, Berubah Signifikan

 

Secara teknis, rangka yang digunakan masih sama, tubular dari bahan baja yang diambil dari Duke 790. Bedanya cuma adadi subframe yang belakang, karena ada jalur udara di bawah bangku, cirinya Svartpilen 801.

Sampai saat ini, Svartpilen 801 masih jadi produk paling garang Husqvarna untuk motor jalan raya. Kabarnya mereka juga menyiapkan versi 901 dengan mesin yang lebih besar dan bertenaga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com