Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mazda Siapkan Sedan Listrik, Penerus Mazda6

Kompas.com - 20/03/2024, 21:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mazda termasuk salah satu pabrikan yang belum banyak memiliki pilihan mobil listrik. Belum lama ini, dikabarkan bahwa Mazda akan meluncurkan sedan listrik.

Sebelumnya, diberitakan bahwa Mazda tidak akan meneruskan produksi sedan Mazda6. Alasannya, Mazda ingin fokus pada segmen SUV yang memang lebih diminati oleh pasar saat ini.

Baca juga: Andalkan SUV dan Crossover, Mazda6 Setop Produksi di Jepang

Dikutip dari Carscoops.com, Rabu (20/3/2024), produksi Mazda6 di Jepang akan segera dihentikan. Kabarnya, Mazda sedang menyiapkan penerusnya yang diberi nama "6e".

Mazda mendaftarkan merek dagang 6e di Eropa yang diduga sebagai sedan listrik penerus Mazda6Dok. Carscoops.com Mazda mendaftarkan merek dagang 6e di Eropa yang diduga sebagai sedan listrik penerus Mazda6

Nomenklatur tersebut diketahui belum lama ini sudah didaftarkan oleh Mazda di Eropa. Penerus Mazda6 ini diyakini akan berteknologi listrik.

Penamaan tersebut juga tidak biasa jika melihat deretan model Mazda lainnya. Mazda 6e memiliki spasi antara merek dan model. Berbeda dengan model non-SUV Mazda yang sudah ada, seperti Mazda2, Mazda3, dan Mazda6.

Baca juga: Mazda6 Setop Produksi, Bagaimana Nasibnya di Indonesia?

Disebutkan bahwa Mazda akan tetap membuat generasi penerus Mazda6. Meskipun merek dagang Mazda 6e dipatenkan di Eropa, tapi kabarnya mobil tersebut akan difokuskan untuk pasar Amerika Utara.

Kabarnya, Mazda 6e akan menggunakan platform yang sama seperti pada Mazda CX-60. Platform tersebut bisa digunakan untuk mobil dengan mesin pembakaran internal maupun plug-in hybrid electric vehicle (PHEV).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com