Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bedah Fitur Honda City Sedan Sensing

Kompas.com - 20/03/2024, 20:23 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - New Honda City sedan dengan Honda Sensing hadir Oktober 2023. Selain tampilannya yang lebih segar, mobil juga semakin canggih berkat penyematan teknologi pemandu kenyamanan dan keselamatan.

New Honda City Sensing merupakan penyempurnaan dari City sedan biasa yang hadir pada akhir 2021. Meski mobil berstatus facelift namun dapat dikatakan masih masuk dalam City generasi kelima.

Baca juga: Harga Setara Alphard Tua, Toyota Voxy Seken Bisa Jadi Opsi

Sebelumnya Kompas.com sudah membahas mengenai eksterior, interior, dan fitur baru yang terdapat New City sedan Sensing, maka kini redaksi akan membahas rasa mengemudi dan fitur unggulannya.


Road Departure Mitigation (RDM) dan Collision Mitigation Brake System di New Honda City sedan dengan Honda SensingFoto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Prabowo Road Departure Mitigation (RDM) dan Collision Mitigation Brake System di New Honda City sedan dengan Honda Sensing

Honda City Sensing mengusung mesin 1.5 liter empat silinder yang menghasilkan 119 Tk dan torsi puncak 145 Nm. Rasa berkendara pada mobil ini pada dasarnya sama dengan City sedan sebelumnya.

Saat kali pertama tim menginjak pedal gas mobil, redaksi Kompas.com menilai respons gas terasa akseleratif tapi tidak sampai ke arah yang agresif karena City sedan pendekatannya lebih kepada elegan.

Putaran bawah terasa hingga menengah, dan terus mengisi. Namun untuk mencapai putaran atas yaitu 5.000 rpm ke atas, tenaganya cenderung stagnan atau tidak ada tendangan tambahan.

Baca juga: Harga Setara Alphard Tua, Toyota Voxy Seken Bisa Jadi Opsi

Lead Car Departure Notification System di New Honda City sedan dengan Honda SensingFoto; KOMPAS.com/Adityo Wisnu Prabowo Lead Car Departure Notification System di New Honda City sedan dengan Honda Sensing

Raungan mesin juga kerap terdegar ketika pegemudi membejek gas. Tapi tidak sampai mengganggu penumpangnya karena hanya beberapa waktu saja. Di perkotaan mesin masih menyuguhkan porsi tenaga mumpuni di setiap kesempatan.

Mengenai pengendalian cukup menyenangkan. Apalagi setelan suspensinya tidak begitu empuk tapi juga tidak terbilang keras. Jadi minim limbung ketika diajak bermanuver.

Beda antara City model 2021 dan City Sensing ialah fitur adaptive cruise control sebab di City sebelumnya cuma cruise control.

Baca juga: Harga Toyota Alphard Gen 2 Seken Kini Rp 400 Jutaan

Saat dicoba di jalan tol, adaptive cruise control minimal dapat diseting di kecepatan 30 kpj. Saat pakai fitur ini mobil dapat menyesuaikan dengan kecepatan kendaraan di depannya. Namun belum dites fitur adaptifnya bisa sampai kecepatan 0 kpj atau tidak.

New Honda City sedan dengan Honda SensingFoto: KOMPAS.com/Adityo Wisnu Prabowo New Honda City sedan dengan Honda Sensing

Kemudian untuk Lane Keeping Assist System (LKAS) dapat membantu untuk menjaga kendaraan tetap berada pada jalur minimal berfungsi di kecepatan minimal 70 kpj. Saat redaksi berada di kecepatan 60 kpj sistem belum berfungsi.

Mobil juga dibekali Road Departure Mitigation (RDM) yang menjaga dan membantu ketika sistem mendeteksi kemungkinan mobil keluar dari garis jalur dan atau meninggalkan jalan.

Sedangkan untuk berkendara di jalan kota terdapat fitur Lead Car Departure Notification System (LCDN). Fitur ini akan memberitahu apabila kendaraan di depan sudah bergerak sedangkan mobil masih diam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com