Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Ban untuk Perjalanan Jarak Jauh

Kompas.com - 15/03/2024, 11:22 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Sebelum melakukan perjalan jauh, sebagai pengguna mobil harus memastikan apakah kondisi ban aman digunakan. Jika sudah aus, maka sebaiknya diganti terlebih dulu.

Dalam hal ini, Anda bisa memilih tipe ban karena di pasaran tipe ban sangat banyak dengan desain yang sesuai kebutuhan. Ada ban tipe mud terrain (MT), all terrain (AT), highway terrain (HT) dan masih ada banyak lagi.

On Vehicle Test Manager PT Gajah Tunggal Tbk., Zulpata Zainal mengatakan ada ban yang paling cocok untuk perjalanan jauh dengan medan aspal, berlumpur dan bebatuan, misal untuk digunakan selama mudik di kampung halaman.

Baca juga: Ini Ciri Ban Mobil Sudah Minta Diganti

Ilustrasi ban mobil.PIXABAY/MIKES-PHOTOGRAPHY Ilustrasi ban mobil.

“Pemilihan ban sebaiknya disesuaikan dengan kondisi jalan yang akan dilalui, karena tipe ban sudah disesuaikan peruntukannya, untuk mobil apa juga sudah dipikirkan,” ucap Zulpata kepada Kompas.com, belum lama ini.

Zulpata mengatakan untuk beberapa tipe ban sudah disesuaikan dengan model kendaraanya dengan memperhitungkan beban kendaraan, performa serta karakternya.

“Tipe ban AT dan MT untuk kelas SUV, ada LT, LTR untuk commercial, TBS, TBR untuk truk dan bus, ada yang lain lagi sesuai peruntukannya IDS, AGS, MC dan sebagainya,” ucap Zulpata.

Baca juga: Jangan Tunggu Sampai Botak, Cek Harga Ban Mobil per Maret 2024

Bulatan berwarna pada ban mobilKOMPAS.com/STANLY RAVEL Bulatan berwarna pada ban mobil

Sedangkan untuk mobil pribadi seperti SUV, MPV atau city car ban yang bisa dipilih tidak terlalu banyak, hanya saja perlu mempertimbangkan medan yang akan dilalui.

“Jika untuk perjalanan jauh dengan pertimbangan jalan yang banyak aspalnya, dan beberapa jalan tanah pakai ban AT saja cukup, itu nyaman dan gagah,” ucap Zulpata.

Sedangkan ban tipe MT bisa saja menjadi pilihan jika memang jalan yang akan dilalui memang dominan off road, berlumpur, bebatuan dan sejenisnya.

Baca juga: Terjadi Tabrakan Beruntun akibat Pecah Ban di Salatiga


“Ban MT didesain khusus agar bisa untuk jalan aspal dan superior di off road, namun kalau di aspal untuk perjalanan jauh akan lebih panas bannya dibanding ban passenger seperti untuk mobil sedan highway terrain (HT) dan sejenisnya,” ucap Zulpata.

Jadi, ban yang cocok untuk mobil yang akan melakukan perjalanan jauh dengan kombinasi jalan aspal dan tanah, sebaiknya pakai ban AT, namun pengguna tetap bisa memperhitungkan kembali setelah memahami kegunaan ban sesuai tipenya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com