Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Merawat Rem Mobil Saat Musim Hujan

Kompas.com - 12/03/2024, 11:22 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat musim hujan peran rem mobil menjadi sangat krusial, sebab kondisi jalan yang basah dan licin akan secara signifikan mempengaruhi kinerja komponen tersebut.

Maka dari itu, perawatan yang baik pada komponen ini sangat diperlukan, mengingat rem sangat berperan penting dalam keselamatan berkendara.

Pemilik Worner Matic Bengkel Spesialis Matik Hermas Efendi Prabowo mengatakan, saat musim hujan kampas rem mobil sering terkunci saat parkir dan macetnya rem tangan.

Baca juga: Di Indonesia Truk Makin ODOL Dianggap Makin Bagus

Rem MobilDicky Aditya Wijaya Rem Mobil

“Ini karena saat musim hujan, pada mobil terkadang ada sisa-sisa air hujan yang menempel di cakram atau tromol. Saat kita biarkan beberapa hari, ini akan timbul karat,” kata Hermas pada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Hermas menyarankan, ketika kondisi hujan pastikan mobil parkir di tempat yang aman supaya air hujan tidak masuk ke kampas rem dan bisa membuat rem lengket.

Selain itu, rem tangan tidak perlu diaktifkan dan sebagai gantinya bisa menggunakan beban penahan di roda mobil agar tidak bergerak. Untuk mobil matik, posisi tuas harus berada di posisi P.

Baca juga: Jangan Terlewat, Ini Interval Penggantian Filter Oli Mesin pada Mobil

Rem MobilDicky Aditya Wijaya Rem Mobil

Sementara, mobil manual posisi tuas transmisi harus di netral, sehingga jika tiba-tiba macet pada rem bisa semprot dengan cairan rem atau diketuk hingga terlepas sendiri.

Hermas juga mengingatkan, perhatikan kampas dalam kondisi yang bagus dan ketebalan cukup serta tidak ada kebocoran tekanan di jalur selang pertekanan maupun menempel di master rem.

“Pastikan pula oli rem cukup dan volumenya cukup. Kalau memang harus ganti waktunya oli rem ganti. Rem ini vital dan tidak bisa ditunda penangannya untuk prioritas keselamatan,” kata Hermas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com