Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Pengemudi Mobil Potong Lajur Sembarangan di Jalan Tol

Kompas.com - 12/03/2024, 10:12 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SOLO, KOMPAS.com - Aksi mobil pindah lajur di jalan tol merupakan tindakan yang bisa membahayakan keselamatan berkendara, namun perilaku ini masih kerap dilakukan oleh pengemudi di jalan tol.

Seperti unggahan akun Instagram @indocarstuff, Senin (11/3/2024), yang memperlihatkan sebuah mobil berwarna putih memotong lajur dari arah kanan ke kiri secara tiba-tiba.

Baca juga: Video Viral, Pengendara Motor Terbang di Sitinjau Lauik karena Rem Blong

Dari video tersebut, mobil putih tersebut terlihat mengalami penyok di bodi kiri akibat menyenggol mobil lawan.

“Lagi jalan santai tiba tiba ada creta motong dari kanan ambil exit di kiri. Kurang perhitungan akhirnya kena deh itu bodi sampingnya. Yang di senggol mobil offroad pula, salah lawan nih wkwk,” tulis akun tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Indocarstuff (@indocarstuff)

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, pengemudi seperti itu tidak paham etika di jalan dan bisa membahayakan orang lain.

Menurut Sony, pengemudi yang melakukan hal tersebut berkendara dengan aturannya sendiri bukan berdasarkan aturan lalu lintas.

“Kalau salah jalan, bisa berusaha berhenti kalau aman atau keluar tol kemudian masuk lagi di pintu tol selanjutnya,” kata Sony kepada Kompas.com belum lama ini.

Sony juga mengingatkan, memotong dengan alasan tanggung atau buru-buru sangat tidak disarankan.

Baca juga: Di Indonesia Truk Makin ODOL Dianggap Makin Bagus


“Sebaiknya berkendara di lajur kiri, karena itu lajur dengan kecepatan rendah di jalan tol, dan biasanya arah keluar ada di kiri. Sehingga ketika ragu menentukan arah tidak membahayakan kendaraan yang ada di belakang,” kata Sony.

Sayangnya, banyak orang beralasan tidak mengetahui wilayah sehingga kerap melakukan manuver berbahaya ketika berkendara di jalan tol.

“Mengingat kecelakaan tidak ada toleransinya, sekalipun pengemudi tadi tidak terlibat kecelakaan, tapi bisa mengakibatkan kecelakaan bagi pengguna jalan lain,” kata Sony.

Maka dari itu, setiap pengemudi di jalan tol harus mengetahui aturannya tidak boleh sembarangan, apalagi tiba-tiba memotong lajur jalan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com